Logo Network
Network

Forwas Institut Sasar Kaum Milinial ke SMPN 1 Taman, Sinau Jurnalistik

ichwan
.
Sabtu, 17 September 2022 | 19:47 WIB
Forwas Institut Sasar Kaum Milinial ke SMPN 1 Taman, Sinau Jurnalistik
Forwas Institute dan Komunitas Brang Wetan Menggelar Coaching Clinic dan Pelatihan Jurnalistik di SMP Negeri 1 Taman, Sabtu (17/9/2022). (Foto:iNewsSidoarjo)

PENDIDIKAN, iNewsSidoarjo.id-Lanjutan Coaching Clinic dan Pelatihan Jurnalistik oleh Forwas Institute yang bekerjasama dengan Komunitas Brang Wetan, kini kembali digelar. Kali ini pelatihan jurnalistik digelar di SMP Negeri 1 Taman, (17/9).

Dalam acara yang bertemakan "Untuk Membuat Konten Kreatif Dalam Kampanye Toleransi" ini, Forwas Institute diwakili oleh Wartawan Kompas.id Runik Sri Astuti dan wartawan INews TV Yoyok Agusta sebagai pemateri.

Para siswa yang menjadi peserta dalam acara itu mendapat materi berupa, bagaimana cara menulis karya jurnalistik yang baik, tanpa melanggar etika dan nilai-nilai toleransi.

Sebagai pemateri pertama, Runik Sri Astuti memaparkan, bahwa dalam membuat satu tulisan jurnalistik bertemakan toleransi, dibutuhkan adanya kedekatan antara penulis dengan peristiwa intoleran yang akan dijadikan bahan.

"Kalau dalam jurnalisme ada yang namanya Proximity atau kedekatan. Jadi kita menulis itu berdasar pada kejadian yang dilaporkan wartawan, dekat dengan kehidupan khalayak. Semakin dekat maka semakin menarik untuk dibaca publik," ujar Runik, Sabtu (17/9/2022).

Lebih jauh, ia mengatakan bahwa contoh fenomena intoleran ini dapat datang dari mana saja termasuk di lingkungan SMPN 1 Taman sendiri.

"Jadi observasi ini berangkat dari kondisi sekitar saat ini seperti apa. Nah dari observasi ini nantinya yang bakal jadi bahan untuk pendeskripsian sebuah tulisan," ucapnya.

Kedua, Yoyok Agusta menjelaskan dalam membuat kerangka video jurnalistik, dibutuhkan adanya pemahaman mengenai pengambilan video yang tepat.

"Kita juga harus memahami, ketika kita membuat karya jurnalistik yang tema besarnya adalah toleransi, maka kita perlu mencatat di storyboard terlebih dahulu agar mempermudahkan kita memvisualisasikan" kata Yoyok.

Selain harus paham dalam proses pengambilan gambarnya, selanjutnya ia menambahkan bahwa pesan dalam video jurnalistik harus tersampaikan ke khalayak umum.

"Video jurnalistik ini sebagai cara kita memperkenalkan secara visual, kepada khalayak atau pemirsa melalui pengambilan-pengambilan video yang berurutan, agar pesannya tersampaikan dengan baik," imbuhnya.

Tidak hanya itu, Yoyok berpesan kepada para peserta agar selalu memperhatikan tema dan keaslian karya jurnalistik yang dibuat.

"Pertama perhatikan tema yang diambil, yang kedua selalu ingat bahwa jangan sekali-sekali kita menyomot karya orang lain tanpa seizin yang punya atau orisinalitas produk jurnalistik kita harus benar-benar dijaga," pungkasnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Bagikan Artikel Ini