get app
inews
Aa Read Next : Tadarus Jurnalistik Forwas dan PCNU Sidoarjo Diskusi Banyak Hal Tentang Sidoarjo

Forwas Institute Tingkatkan Ketrampilan Jurnalistik Pelajar SMPN 1 Taman Sidoarjo

Senin, 02 September 2024 | 17:24 WIB
header img
Forwas institute saat memberikan pelatihan jurnalistik. Foto: ist

SIDOARJO,iNews.id-FORWAS-Forum Wartawan Sidoarjo atau Forwas Institute kembali memberikan pelatihan jurnalistik kepada para pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Taman, Sidoarjo.

Hal itu untuk menyegarkan kembali pengetahuan para jurnalis muda agar mereka lebih bersemangat berkarya dan meraih prestasi yang lebih tinggi. Pelatihan yang dikemas dengan acara Coaching Clinic Jurnalistik 2024 diikuti 68 pelajar yang tergabung dalam jurnalisata (jurnalis SMPN 1 Taman), para jurnalis di tiap-tiap kelas, dan para ketua kelas.

Selain itu, ada pengurus OSIS, satuan tugas (satgas) antinarkoba, satgas toleransi, serta tim adiwiyata. Adapun pemateri yang dihadirkan ialah Runik Sri Astuti dari Kompas dan Jack Robby Damarjati dari Kompas TV dan Ketua Komunitas Budaya Brang Wetan Hendri Nurcahyo.

Runik mengatakan saat ini media berkembang ke arah kekinian. Apabila dulu konten-konten jurnalistik dibagikan dalam bentuk cetak, sekarang semua beralih ke ruang digital.

Bentuk publikasinya beragam, seperti website, video youtube, dan media sosial. Direktur Forwas Institute tersebut mengapresiasi kegiatan jurnalistik di SMPN 1 Taman yang mampu menghasilkan Majalah Gemilang.

Namun, para jurnalis muda perlu mengembangkan diri dengan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya dalam pembuatan konten foto dan video agar bisa menyajikan berita sesuai perkembangan zaman.

“Hampir semua pelajar SMPN 1 Taman memiliki telepon pintar. Hal itu sangat sayang apabila tidak dimanfaatkan untuk memproduksi karya-karya yang menarik seperti foto atau video yang berkualitas sehingga tidak saja enak ditonton melainkan juga bisa diikutsertakan dalam kompetisi bergengsi,” kata Runik.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut