get app
inews
Aa Read Next : 2026 Indonesia Targetkan Bikin Mobil Listrik Sendiri, Menko Luhut : RI-China Sepakat Kerjasama

BBM Akan Naik Pekan Depan, Luhut Sebut Presiden Jokowi yang Akan Umumkan

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 17:37 WIB
header img
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut kemungkinan Presiden Jokowi bakal mengumumkan kenaikan harga BBM pada minggu depan. (Foto: istimewa).

Mengenai hal itu, Luhut telah meminta timnya untuk membuat modelling kenaikan inflasi. Menurut dia, meski saat ini masih tergolong terkendali, laju inflasi akan sangat bergantung pada kenaikan Solar dan Pertalite yang masih disubsidi pemerintah.

Dia juga meminta masyarakat untuk bersiap untuk kemungkinan adanya kenaikan harga BBM. Pasalnya, pemerintah juga harus menekan terus meningkatnya beban subsidi di APBN.

"Karena bagaimanapun, tidak bisa kita pertahankan demikian. Jadi tadi, mengurangi pressure (tekanan) ke kita karena harga crude oil (minyak mentah) naik, itu kita harus siap-siap," kata dia.

Luhut mengungkapkan, kenaikan harga BBM subsidi tersebut menjadi satu dari sejumlah strategi untuk bisa menekan beban subsidi, selain pengurangan mobil-mobil berbahan bakar fosil dengan kendaraan listrik, dan implementasi B40.

"Subsidi kita kemarin Rp502 triliun, kita berharap kita bisa tekan ke bawah, tadi dengan pengurangan mobil-mobil combustion, diganti dengan listrik, kemudian B40, serta menaikkan harga pertalite yang kita subsidi cukup banyak dengan solar," ucap Luhut.

Artikel berita ini telah tayang di iNews.id, baca link berita ini : https://www.inews.id/finance/bisnis/luhut-sebut-jokowi-bakal-umumkan-kenaikan-harga-bbm-minggu-depan/all

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut