get app
inews
Aa Read Next : Hanya Gara-gara Ini, Tentara Israel Tembak Mati Seorang Warga Palestina

Tokoh Inilah Jadi Simbol Amerika Serikat Dijuluki Negeri Paman Sam

Selasa, 05 Juli 2022 | 18:57 WIB
header img
Poster Paman Sam yang begitu populer di Amerika Serikat. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id – Amerika Serikat kerab disebut dengan negeri Paman Sam. Sebutan itu menjadi pertanyaan banyak pihak dari manakah asal usul julukan tersebut. Siapa sangka, sebutan nama Paman Sam atau Uncle Sam tersebut berawal dari sejarah pada 7 September 1813.

Nama tersebut terkait dengan Samuel Wilson (1766–1854), seorang pria dari Troy, New York, yang berkecimpung dalam usaha pengepakan daging.

Dilansir dari laman History, Wilson memasok berkuintal-kuintal daging sapi untuk Angkatan Darat AS selama Perang 1812. Wilson memberi label atau cap pada tong-tong berisi daging kirimannya dengan “US” yang berarti United States, nama Amerika Serikat dalam Bahasa Inggris.

Namun, para tentara AS kemudian memelesetkan label singkatan pada tong-tong itu sebagai Uncle Sam alias Paman Sam. Cerita itu pun dimuat oleh surat kabar lokal AS. Paman Sam pun akhirnya diterima secara luas sebagai julukan serta personifikasi bagi Pemerintah Federal AS.

Pada akhir 1860-an dan 1870-an, kartunis politik Thomas Nast (1840-1902) mulai memopulerkan gambar Paman Sam. Nast terus mengembangkan citra pria itu, hingga akhirnya memberi Sam janggut putih dan setelan bintang dan garis.

Namun, gambar Paman Sam yang paling terkenal bisa jadi adalah yang dibuat oleh seniman James Montgomery Flagg (1877-1960). Dalam versi tersebut, Paman Sam mengenakan topi tinggi dan jaket biru dan menunjuk lurus ke depan ke arah pemirsa.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut