Tiap Bidang BPPD Sidoarjo Ada Pengepul Uang Pemotongan Insentif, Uang Buat Keperluan Kantor

Nanang Ichwan
Sidang keterangan saksi pemotongan dana insentif pegawai pajak saat di Pengadilan Tipikor Surabaya di Jalan Juanda Sidoarjo. (Foto : Ist).

SIDOARJO, iNews.id - Pengumpulan dana insentif pegawai pajak tak hanya dilakukan terdakwa Siska Wati saja, namun juga dilakukan tiap bidang di Kantor BPPD Sidoarjo.

Fakta itu terungkap dari sejumlah saksi yang dihadirkan pada Senin (29/7/2024). Saksi yang mengungkap itu diantaranya, Heri Sumaeko PNS BPPD, Yulis Sarah Pengelola Data Pajak Bidang 1.

"Masing-masing Kabid ada pengumpul sendiri-sendiri," kata Heri Sumaeko saat jadi saksi di Pengadilan Tipikor Surabaya di Jalan Juanda Sidoarjo.

Pengumpulan itu terhadap masing-masing pegawai yang menerima insentif pajak mendapat kitir dan angka tabel potongan besaran jumlahnya yang ditentukan tiap bidang.

"Menurut mereka ada juga peran kabid lainnya yang aktif membagikan kitir dan tabel potongan," ungkap Penasehat Hukum terdakwa Siskawati Erlan Jaya Putra.

"Pengepul potongan insentif di bidang lain juga pernah mengumpulkan hal yang sama seperti yang dilakukan Siskawati," jelas dia.

Erlan menegaskan bahwa fakta sidang semakin memperjelas jika tidak hanya Siskawati yang bertugas mengumpulkan hasil potongan insentif. Ia meminta KPK untuk memperdalam lagi struktur kasus tersebut.

Selain itu, dalam fakta sidang juga terungkap jika uang hasil pemotongan uang insentif digunakan untuk kepentingan kantor mulai bayar pegawai honorer yang tidak dianggarkan dalam APBD hingga untuk kepentingan liburan bersama.

Editor : Nanang Ichwan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network