Kembali ke NKRI dan Jadi Petani, Ini Kisah Mantan Ajudan Pentolan OPM Papua

Haryudi
Telangga Gire memanen jagung di lahan miliknya di Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Sabtu (23/11/2019).Foto/Antara/HO-Kodim 1714/PJ.

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Di tengah pegunungan Papua yang masih menyimpan gejolak, terukir kisah inspiratif Telangga Gire. Dahulu, ia dikenal sebagai ajudan Goliat Tabuni, salah satu petinggi Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang kerap melancarkan aksi kekerasan.

Namun, kini, Telangga Gire telah memilih jalan hidup yang berbeda: menjadi petani sukses di Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya. Keputusan Telangga untuk menyerahkan diri dan kembali ke NKRI diambil pada bulan Juni 2019.

"Saya mengundang Bapak Dandim 1714/Puncak Jaya (PJ)untuk hadir dan melihat langsung panen jagung perdana ini. Kehidupan kami sudah kembali normal seperti masyarakat lainnya," kata Telangga saat panen jagung, 23 November 2019 silam, dikutip dari sindonews.com pada Minggu (7/7/2024).

Kesadaran akan perbuatannya yang melanggar hukum membuat Telangga memutuskan untuk meninggalkan perjuangan bersenjata dan memilih jalur damai. Sejak saat itu, ia mulai menjalani hidup normal bersama keluarganya di Distrik Tingginambut dan memutuskan untuk bertani.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network