Pedas Nendang Sambal Ijo Banyuwangi Menggugah Selera di Sidoarjo

Yoyok Agusta
Kuliner Ayam Ungkep Gepuk di Warung Animo, Sidoarjo. ( Foto:ist)

KULINER, iNews.id - Bagi pecinta kuliner pedas, tak perlu jauh-jauh ke Banyuwangi untuk menikmati sensasi pedasnya sambal ijo khas daerah tersebut. Di Desa Modong, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, kini hadir Warung Animo yang menyajikan menu ayam ukep gepuk sambal ijo dengan cita rasa pedas nendang yang menggoda selera.

"Inilah bedanya ayam ukep gepuk kami dengan ayam ukep gepuk di tempat lain. Kami menggunakan cabe khas Banyuwangi, jadi lebih nendang pedasnya," ucap Erwin Novarida Mastiti, pemilik Warung Animo, Minggu (9/6/2024).

Kelezatan ayam ukep gepuk Warung Animo tak hanya terletak pada sambal ijonya yang pedas, tetapi juga pada tekstur ayamnya yang empuk dan bumbunya yang meresap sempurna. Novarida menjelaskan bahwa kunci kelembutan ayam ukep gepuknya terletak pada proses memasaknya yang melalui dua tahap, ukep dan goreng.

"Pertama, kita giling bumbu rempah dan masukkan ke dalam wajan berisi air. Lalu masukkan ayam yang sudah dicuci bersih, serai, dan lengkuas. Aduk hingga merata dan seluruh ayam terendam bumbu. Ukep ayam selama satu jam, lalu matikan kompor dan diamkan selama satu jam lagi," terangnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network