9 Situs Warisan Dunia UNESCO, Candi Borobudur hingga Taman Nasional Komodo

Devi Ari Rahmadhani
Candi Borobudur, salah satu situs warisan dunia UNESCO (Foto: Unsplash/Mario La Pergola)

5. Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto yang berada di sepanjang Pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Barat ini ditetapkan sebagai warisan budaya UNESCO sejak 10 Juli 2019. Alasan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto diputuskan sebagai situs warisan budaya UNESCO yakni karena tiga hal berikut ini:

- Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto menunjukkan perkembangan teknologi perintis abad ke-19 yang menggabungkan antara ilmu teknik pertambangan bangsa Eropa dengan kearifan lingkungan lokal, praktik tradisional, serta nilai-nilai budaya dalam kegiatan penambangan batubara yang dimiliki oleh masyarakat Sumatera Barat.

- Adanya hubungan sistemik industri tambang batubara, sistem perkeretaapian, dan pelabuhan yang berperan penting bagi pembangunan ekonomi dan sosial di Sumatera dan di dunia.

- Nominasi Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto menggambarkan dinamisnya interaksi sosial dan budaya antara dunia timur dan barat, yang berhasil mengubah daerah tambang terpencil menjadi perkotaan dinamis dan terintegrasi, yang terdiri dari masyarakat multi-etnis dan multi-agama.

6. Taman Nasional Komodo Taman Nasional Komodo merupakan adalah taman nasional yang bertujuan menjaga kelestarian hidup biawak komodo (Varanus komodoensis) bersama dengan alam sekitarnya. Selain itu, di tempat ini juga terdapat kuda, rusa, ular, banteng liar, babi hutan jantan, kera, berbagai jenis burung, hingga biota laut.

Taman Nasional Komodo ini memiliki luas total 1.733 km² dengan mencakup tiga pulau besar, mulai Komodo, Padar dan Rinca, dan 26 pulau kecil.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network