Para Pendaki Jangan Sampai Langgar Ini, Misteri Baju Merah di Gunung Slamet

Nabila Eka Putri
Misteri pelarangan memakai baju merah (Foto: Instagram@@yoiki_malang / @kia_alc)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Pesona keindahan alam yang ada di Gunung Arjuno selalu menarik untuk dijelajahi. Gunung tertinggi kedua setelah Semeru ini selalu membuat penasaran para pendaki. Gunung Arjuno secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan.

Gunung tersebut memiliki ketinggian 3.339 meter diatas permukaan laut (mdpl) dan menawarkan pemandangan alam yang memesona.

Namun, di balik keindahannya, ada mitos yang hingga kini masih menjadi misteri. Selain Alas Lali Jiwo yang sangat populer, ada pula mitos dilarang menggunakan baju merah.

Melangsir dari iNews.id asal usul mitos tentang jangan pakai baju warna merah saat mendaki Gunung Arjuno ini memang memiliki magnet yang kuat. Penasaran ingin tahu asal usul misteri mengenai baju merah ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (26/9/2022).

Diketahui, seperti kebanyakan gunung yang terdapat di Indonesia. Gunung Arjuno juga pasti menyimpan mitos dan ceritanya tersendiri.

Gunung Arjuno dipercaya memiliki banyak tempat petilasan, sehingga di sana terdapat banyak larangan atau pantangan.

Menurut mitos, petilasan digunakan oleh orang zaman dahulu untuk melakukan ritual atau pertapaan. Masyarakat di sekitar percaya, orang yang melakukan pertapaan itu adalah moksa atau menghilangkan jasadnya. Lalu, mitos selanjutnya ada Alas Lali Jiwo.

Alas Lali Jiwo jika diartikan berarti Hutan Lupa Jiwa. Dinamai seperti itu, konon katanya ketika berada di kawasan tersebut pendaki bisa lupa diri.

Terlebih lagi jika orang yang memiliki pikiran jahat atau orang-orang yang melanggar peraturan di hutan tersebut. Adapun pantangan di dalam hutan Alas Lali Jiwo tersebut yang sering dilanggar oleh pendaki adalah sikap sombong.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network