Wawasan Nusantara: Berikut Pengertian, Kedudukan, Tujuan, Fungsi dan Implementasi

Kezia Veronica Corne
Wawasan Nusantara

Hal itu karena dalam satu negara yang merdeka, diperlukan adanya suatu dorongan dan pedoman dalam setiap kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam hal ini, fungsi wawasan nusantara adalah sebagai pedoman, motivasi, dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala jenis kebijaksanaan, keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelenggara negara di tingkat pusat dan daerah bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Selain itu, wawasan nusantara juga berfungsi sebagai pembentuk dan Pembina persatuan bangsa dan negara Indonesia, sekaligus ajaran dasar nasional yang melandasi kebijakan pembangunan di Indonesia.

Tujuan Wawasan Nusantara Tujuan wawasan nusantara adalah untuk mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan individu, kelompok, golongan, suku, bangsa, atau daerah. Pada dasarnya, tujuan dari wawasan nusantara adalah untuk mewujudkan tujuan nasional Bangsa Indonesia sebagaimana yang telah dituangkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Implementasi Wawasan Nusantara Implementasi wawasan nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah Tanah Air secara utuh dan menyeluruh.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network