Wawasan Nusantara: Berikut Pengertian, Kedudukan, Tujuan, Fungsi dan Implementasi

Kezia Veronica Corne
Wawasan Nusantara

Ada pun implementasi wawasan nusantara sebagai berikut:

1. Politik Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan politik akan mempengaruhi iklim penyelenggaraan negara yang sehat serta dinamis.

2. Ekonomi Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan ekonomi menciptakan tatanan ekonomi yang menjamin penuh peningkatan dan pemenuhan rakyat secara merata dan adil. Selain itu, wawasan nusantara juga mencerminkan tanggung jawab pengelolaan sumber daya alam yang memperhatikan kebutuhan masyarakat secara merata dan timbal balik, serta kelestarian sumber daya alam itu sendiri.

3. Kehidupan Sosial Budaya Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan sosial budaya akan menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mau mengakui, menerima, serta menghormati sebagai bentuk keragaman sebagai kenyataan hidup dan karunia Sang Pencipta.

4. Pertahanan dan Keamanan Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan pertahanan dan keamanan akan menumbuhkan kesadaran akan cinta tanah air dan bangsa. Lebih lanjut, dalam kehidupan pertahanan dan keamanan akan membentuk sikap bela negara pada setiap warga Indonesia.

Itulah informasi mengenai wawasan nusantara. Sudah tahu kan sekarang kalau wawasan nusantara itu penting bagi seluruh rakyat Indonesia dan juga bangsa tercinta kita? Maka dari itu, mulailah menanamkan kesadaran akan wawasan nusantara demi kesatuan bangsa dan negara ya! iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network