get app
inews
Aa Read Next : Hanya Gara-gara Ini, Tentara Israel Tembak Mati Seorang Warga Palestina

Waspada! 5 Potensi Penyakit Pasca Lebaran

Selasa, 10 Mei 2022 | 21:38 WIB
header img
Ilustrasi obesitas. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Usai lebaran masalah kesehatan berpotensi mengintai. Hal itu jika sembarangan menyantap beragam menu makanan dan minuman khas. Potensi penyakit itu bakal muncul kapan saja jika tidak dijaga pola makan dan minum dengan baik.

Melansir dari Kementerian Kesehatan bawah ada dua penyakit yang mengintai saat momen hari raya, berpeluang jadi ancaman pascalebaran, yaitu kolesterol, hipertensi, diabetes, obesitas dan diare.

Berikut penjelasannya yang telah dirangkum celebrities.id dari berbagai sumber pada hari ini (10/5/2022) terkait 5 Masalah Kesehatan yang Mengintai Paska Lebaran :

1. Kolesterol

Diketahui bahwa kolesterol dipicu akibat lemak jahat (LDL). Konsumsi lemak jenuh ditemukan dalam potongan daging berlemak dan produk susu. Namun, kurangnya aktivitas fisik, seperti menghabiskan banyak waktu di depan TV atau komputer juga mampu meningkatkan kadar LDL dalam tubuh.

Nah, momen Lebaran menjadi salah satu saat di mana hidangan bersantan dan daging-dagingan dengan kolesterol tinggi meningkatkan risiko kenaikan kolesterol lho, Celeb Hitz.

2. Hipertensi

Penyakit hipertensi, bukan hanya menyasar usia lanjut. Kini, mereka yang masih muda pun bisa terkena hipertensi akibat pola hidup yang tidak sehat. Salah satunya karena makan sembarangan dan jarang berolahraga.

Selain itu, hipertensi bukan lah penyakit keturunan, sebab sangat sulit membuktikannya. Keturunan atau tidak membutuhkan pengecekan lebih mendalam ada nilainya (marker) dan sulit dilakukan.

"Keturunan maka pemeriksaannya itu amat sangat sulit tidak bisa bilang kalau ayah saya hipertensi saya hipertensi. Bahwa keturunan tidak bisa, ada markernya untuk mengatakan bahwa itu keturunan hipertensi," ujar dr. Erwinanto, Sp, JP(K), FIHA dilansir Okezone, Selasa (10/5/2022).

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut