get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Ini Faktanya, 5 Negara yang Mengguna Bahasa Jawa

Selasa, 19 April 2022 | 22:33 WIB
header img
5 Negara di Dunia yang Gunakan Bahasa Jawa ( ft :ist)

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Terdapat 5 Negara di dunia ini yang menggunakan bahasa Jawa siapa sangka mereka menggun bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari.

Melangsir dari okezone com selama ini mungkin Anda hanya mengenal Suriname, sebuah negara di Amerika Selatan bekas jajahan Belanda yang dikenal banyak terdapat etnis Jawa.

Bahasa Jawa sendiri merupakan induk bahasa yang lazim digunakan di Pulau Jawa, seperti Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta hingga Jawa Timur.

Namun, apa jadinya jika bahasa Jawa digunakan oleh orang luar negeri di sejumlah belahan dunia. Nah, daripada penasaran, berikut daftar 5 negara di dunia yang juga menggunakan Bahasa Jawa dalam kehidupan keseharian sebagian warganya.

1. Kaledonia Baru Mungkin jarang diketahui, namun di daerah ini bahkan sampai sekarang masih menggunakan bahasa Jawa sebagai komunikasinya. Pulau Kaledonia Baru ini sendiri terletak pada daerah sekitar Samudera Pasifik. Awalnya banyak kuli dan buruh Indonesia yang pindah pada masa penjajahan ke Kaledonia Baru untuk mendapatkan hidup yang lebih layak dan kebanyakan memilih menetap di sana.

Alhasil, jadilah suku Jawa yang hidup di pulau di Samudera Pasifik itu. Orang-orang tua di sana sangat fasih berbahasa Jawa, namun sayang anak mudanya sekarang hanya bisa berbahasa Perancis

2. Belanda Pada masa penjajahan, sangat banyak orang Indonesia yang dibawa oleh penjajah Belanda ke negara asalnya.

Ternyata di sana mereka menetap dan bahkan menikah dengan orang sekitar. Sejak saat itulah terdapat koloni Indonesia di sana. Uniknya, sampai saat ini, bahasa Jawa menjadi yang paling diminati di sana.

Bahkan di salah satu universitas terkemuka di Belanda sampai ada jurusan bahasa Jawa.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut