Logo Network
Network

Kisah Siswi yang Baru Berusia 14 Tahun Diterima di Unair Jalur SNMPTN 2022

MNC Media
.
Selasa, 05 April 2022 | 08:08 WIB
Kisah Siswi yang Baru Berusia 14 Tahun Diterima di Unair  Jalur SNMPTN 2022
Ratu Sakinatul Aqila. Foto/Tangkap layar laman Unair

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id-Seorang siswi yang baru berusia 14 tahun, lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN).

Gadis belia ini adalah Ratu Sakinatul Aqila, dipastikan lolos menjadi salah satu calon mahasiswa Universitas Airlangga ( Unair ) di SNMPTN 2022. Ketika hasil SNMPTN 2022 diumumkan dan dia dinyatakan diterima di Unair, Ratu mengaku menangis bahagia.

Pasalnya, Ratu yang juga penghafal Al-quran ini sempat tidak menyangka akan diterima dan menjadi mahasiswa termuda pada program studi S1 Ilmu Politik FISIP Unair tersebut.

Selama menempuh pendidikan, siswi berusia 14 tahun 8 bulan itu telah mengikuti program akselerasi sejak menginjak jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Setelah lulus dari MTs Unggulan Amanatul Ummah Surabaya, Ratu kembali mengambil program akselerasi di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik.

Sebagai anak akselerasi, Ratu mengaku ia memiliki ambisi besar perihal nilai akademik.

Setiap harinya Ratu selalu menghabiskan waktu mempelajari setengah hingga satu bab baru, pun tidak pernah tertinggal tugas-tugas sekolah ia kerjakan.

Bahkan, biasanya Ratu begadang hingga tengah malam.

“Kalau liat tugas yang bejibun, terus selesai rasanya kayak abis menang lotre. Kalau tugasnya banyak banget, aku pasti bikin self reward setelah ngerjainnya,” tuturnya melansir laman resmi Unair, Senin (4/4/2022).

Siswa kelahiran Gresik, 15 Juli 2007 itu mengungkapkan, terkadang dirinya hampir menyerah.

Namun, memiliki teman yang juga berambisi dan lingkungan akselerasi yang penuh semangat membuat Ratu kembali termotivasi untuk tidak tertinggal. Tidak hanya unggul dalam akademik, Ratu juga mengikuti kelas tahfidz. Ia mengaku telah aktif menghafal Al-quran sejak kecil. Kini ia telah berhasil menghafal sebanyak 15 juz.

Ratu juga sering mengikuti lomba-lomba tahfidz, hingga mendapat penghargaan di tingkat Kabupaten. Ia juga pernah menyabet Juara 2 Bahasa Arab Kompetisi Bahasa Arab Nasional Tahun 2021 se-Kabupaten Gresik.

“Selain mengejar akademik, aku lebih fokus mengejar hafalanku. Karena aku percaya dengan prinsip yang mamaku tekankan sejak kecil, ‘kejarlah akhiratmu, maka dunia akan mengikuti’,” tambahnya.

Tidak hanya unggul dalam akademik, Ratu juga mengikuti kelas tahfidz. Ia mengaku telah aktif menghafal Al-quran sejak kecil. Kini ia telah berhasil menghafal sebanyak 15 juz.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.