Logo Network
Network

Selama 3 Bulan, Puluhan Notaris di Jatim Dilaporkan ke MKN dan MPW

Yoyok Agusta Kurniawan
.
Rabu, 30 Maret 2022 | 17:06 WIB
Selama 3 Bulan, Puluhan Notaris di Jatim Dilaporkan ke MKN dan MPW
Plt. Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Wisnu Nugroho Dewanto saat melantik 37 pejabat notaris dan 3 pejabat administrasi. (Ft : istimewa).

SURABAYA, iNews.id-Sebanyak 67 notaris di Jawa Timur dilaporkan ke Majelis Kehormatan Notaris (MKN) dan Majelis Pengawas Wilayah (MPW). Puluhan laporan itu berdasarkan data Kanwil Kemenkumham Jatim dalam kurun waktu tiga bulan atau triwulan pertama 2022.

Hal itu disampaikan Plt. Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Wisnu Nugroho Dewanto saat melantik 37 pejabat notaris dan 3 pejabat administrasi. Pada pelantikan Rabu (30/3/2022) yang digelar di Aula Raden Wijaya itu, Wisnu mengatakan pada tahun 2021 ada 154 permohonan pemeriksaan notaris.

Sedangkan per Maret Tahun 2022 sudah ada 55 permohonan yang disampaikan kepada Majelis Kehormatan Notaris mengenai pemeriksaan notaris. Laporan yang masuk terkait dengan kasus pelanggaran hukum.

“Dan sebanyak 12 pengaduan kepada Majelis Pengawas Wilayah tentang dugaan pelanggaran kode etik Notaris atau pelanggaran lainnya dalam melaksanakan tugas,” ujarnya.

Untuk itu, dia berpesan agar notaris mencermati beberapa hal. Yaitu ketentuan Pasal 16 ayat 1 huruf c UU Nomor 2 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU Nomor 30 Tahun 2004.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.