get app
inews
Aa Read Next : Tumbangkan Slot FC, Putra Kelapa FC Juara Liga Ramadhan 2024

Tubuh Tetap Fit Jalani Puasa Ramadhan Meski Tetap Kerja di Kantor, Ini Tips dari Dokter

Senin, 28 Maret 2022 | 18:06 WIB
header img
Bagi umat Islam, kesibukan bekerja jangan dijadikan alasan untuk tidak menjalankan puasa Ramadhan. (Ft : ilustrasi/ist)

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id- Puasa Ramadhan adalah ibadah yang wajib dijalankan bagi umat muslim. Tak ada alasan untuk tidak menjalankan rukun Islam ke-3 tersebut, apalagi hanya dengan alasan pekerjaan, lebih-lebih bagi pekerja kantoran.

Memang, menjalankan rutinitas pekerjaan saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan tentu akan merasa lebih mudah lelah dan mengantuk. Untuk anda yang berpuasa namun tetap harus kerja di kantor atau work from office (WFO), kesibukan di kantor tentu akan menguras energi dan tenaga.

Tapi, sekali lagi, itu jangan jadi alasan Anda tidak berpuasa, ya. Agar anda bisa tetap sehat dan bugar menjalani puasa Ramadhan selagi bekerja di kantor atau work from office (WFO). Melansir dari okezone.com bahwa Dokter Yudhan Triyana punya 5 tips yang bisa dijalankan.

Mudah sekali dan tentunya diperlukan kedisiplinan untuk menjalaninya, ya. Apa saja 5 tips sehat berpuasa meski WFO?

1. Makan serat yang cukup saat sahur

Dokter Yudhan menyarankan untuk Anda tidak boleh malas mengonsumsi serat yang cukup saat sahur. Ini tentunya memastikan perut terasa kenyang lebih lama dan tubuh terjaga kebugarannya sepanjang hari saat berpuasa.

2. Konsumsi makanan tinggi proteina sat sahur dan buka puasa

Konsumsi makanan tinggi protein saat sahur dan buka puasa juga jadi hal penting yang harus diperhatikan. Protein memastikan tubuh Anda tetap fit meski berpuasa. "Ingat, jangan makan berlebihan juga, ya, saat buka puasa. Semuanya harus secukupnya saja," saran dr Yudhan melalui pesan singkat ke MNC Portal, Senin (28/3/2022).

3. Hindari makanan dan minuman mengandung kafein

Agar puasanya lancar, terbebas dari kendala kesehatan atau rasa haus yang cepat muncul, dr Yudhan menyarankan agar hindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. "Jadi, saat sahur usahakan untuk hindari konsumsi kafein seperti teh dan kopi, ya," ungkapnya.

4. Pastikan asupan air putih yang cukup

Penting untuk semua orang yang berpuasa untuk konsumsi air putih yang cukup saat sahur dan buka puasa. Asupan air putih yang cukup memastikan tubuh terhidrasi dengan baik dan ini juga salah satu kunci badan tetap sehat selama berpuasa.

5. Usahakan tetap berolahraga

Meski bulan Ramadhan, Anda tetap disarankan untuk berolahraga. Dokter Yudhan merekomendasikan untuk tetap berolahraga ringan saat bekerja misal dengan gerakan peregangan. "Hal yang tidak kalah penting adalah tetap patuhi protokol kesehatan, karena sampai saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19," tambahnya.

Artikel berita ini telah tayang di okezone.com dengan judul "5 Tips Sehat Berpuasa Meski WFO Menurut Dokter".

Baca artikel berita ini :

https://lifestyle.okezone.com/read/2022/03/28/481/2569124/5-tips-sehat-berpuasa-meski-wfo-menurut-dokter

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut