get app
inews
Aa Read Next : Tumbangkan Slot FC, Putra Kelapa FC Juara Liga Ramadhan 2024

Ini 4 Tradisi Menyambut Bulan Suci Ramadhan di Indonesia

Senin, 28 Maret 2022 | 10:24 WIB
header img
Ilustrasi (Foto : Antara)

BULAN Suci Ramadhan tentunya menjadi bulan yang sangat dinanti oleh umat Muslim di dunia, termasuk Indonesia.

Tak heran jika di Indonesia setiap menjelang dantangnya bulan Ramadhan akan banyak tradisi ynag dilakukan umat muslim. Bahkan tradisi tersebut telah dilakukan secara turun-menurun.

Acara penyambutan datangnya Bulan Suci Ramadhan itu menjadi hal yang lumrah dilakukan ditengah masyarakat dan selalu ditunggu-tunggu.

Melangsir dari okezone.com, Senin, (28/3/2022). Berikut tradisi unik di Indonesia menyambut Ramadhan.

1. Apeman

Tradisi Apeman dilakukan masyarakat Yogya menjelang datangnya bulan Ramadhan. Tradisi dilakukan dengan membuat kue apem secara tradisional oleh anggota keluarga Keraton Yogyakarta Hadiningrat.

Tradisi Apeman dipimpin oleh permaisuri sultan serta diikuti bersama para perempuan dari keluarga keraton lainnya. Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah serta ungkapan rasa terima kasih.

2. Nyadran

Nyadran adalah tradisi yang dilakukan dengan serangkaian kegiatan. Mulai dari membersihkan makam keluarga, membawa makanan hasil bumi (sadranan), kemudian makan bersama (kenduri), yang dilakukan satu bulan sebelum dimulainya puasa.

Tradisi Nyadran ini dipercaya sebagai ritual pembersihan diri menjelang puasa Ramadan, bentuk bakti kepada anggota keluarga yang telah meninggal dengan membersihkan makam hingga mengirim doa. Tradisi ini kerap dilakukan oleh masyarakat Jawa Tengah.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut