get app
inews
Aa Read Next : Jadi Tentara Bayaran Bela Ukraina, Rusia Sebut 4 dari 10 WNI Tewas

Belasan Perusahaan Dunia Ini Hentikan Beli Minyak Mentah Rusia

Senin, 21 Maret 2022 | 11:25 WIB
header img
Shell menyampaikan permintaan maaf setelah membeli minyak mentah Rusia pada pekan lalu dan bakal menarik diri sepenuhnya dari keterlibatan hidrokarbon Rusia. (Foto: Reuters)

PARIS, iNewsSidoarjo.id - Sejumlah perusahaan dunia yang bergerak di bidanh enerngi menghentikan pembelian minyak mentah Rusia.

Langkah itu, dilakukan sebagai tekanan terhadap Rusia agar menghentikan invasi ke Ukraina yang telah berlangsung sejak 24 Februari 2022.

Keputusan itu, membuat sejumlah perusahaan energi eropa yang membeli minyak mentah Rusia menunda kontrak baru.

Melansir dari iNews.id, Senin (21/3/2022), berdasarkan data IEA, penundaan kontrak baru tersebut, membuat produksi minyak rusia yang mencapai 3 juta barel per hari (bph) tak menemukan jalan untuk diperdagangan di pasar minyak dunia.

Hal itu, sekaligus akan menyebabkan defisit pasokan minyak dunia sebanyak 700.000 barel per hari pada kuartal II 2022, dimulai April 2002.

Berikut daftar perusahaan-perusahaan dunia, sebagian besar bergerak di bidang energi, yang telah menyatakan menghentikan pembelian minyak dari Rusia:

1. AMPOL Pengilangan Australia, Apol, menyatakan perusahaan itu belum membeli minyak mentah atau produk Rusia sejak invasi ke Ukraina dimulai pada 24 Februari 2022.

2. British Petroleum (BP) Pada 27 Februari 2022, BP menyatakan akan meninggalkan sahamnya di Rosneft, menghadapi penurunan nilai 25 miliar dolar AS. Selanjutnya, pada 28 Februari 2022, BP membatalkan semua pemuatan bahan bakar minyak dari pelabuhan Taman Laut Hitam Rusia.

3. ENI Grup energi Eni, yang 30,3 persen sahamnya dimiliki pemerintah Italia, mengumumkan bahwa mereka menangguhkan pembelian minyak dari Rusia.

4. EQUINOR Perusahaan energi milik negara mayoritas Norwegia, Equinor, telah menghentikan perdagangan minyak Rusia sebagai bagian dari rencananya untuk menghentikan operasinya di Rusia. Equinor menambahkan pada 14 Maret bahwa mereka memiliki komitmen kontraktual di mana mereka akan menerima empat kargo minyak pada bulan Maret.

5. PETROLEUM HELLENIK Penyulingan minyak terbesar Yunani, di mana negara memiliki 35,5 persen saham, mengatakan bahwa minyak mentah Rusia menyumbang sekitar 15% dari pasokan minyak mentahnya pada semester II 2021 dan dapat digantikan oleh kadar serupa yang sebagian besar berasal dari Timur Tengah. Perusahaan meraih kesepakatan awal untuk pasokan minyak mentah tambahan dari Arab Saudi, dua sumber dari kilang mengatakan pada 15 Maret.

6. MAERSK Grup pelayaran Denmark, Maersk, telah berhenti membeli minyak Rusia untuk kapalnya sebagai akibat dari invasi Rusia ke Ukraina. Keputusan itu, disampaikan Ketua Maersk Jim Hagemann Snabe dalam rapat pemegang saham tahunan perusahaan pada 15 Maret 2022.

7. MOL Grup minyak Hungaria MOL mengumumkan pipa Druzhba Rusia terus memasok minyak mentah. Perdana Menteri Viktor Orban telah berulang kali mengatakan Hungaria menentang sanksi terhadap minyak dan gas Rusia.

8. Neste Perusahaan penyulingan Finlandia, Neste, mengatakan pada 28 Februari bahwa pihaknya telah memutuskan untuk mengganti sebagian besar pembeliannya di Rusia dengan minyak mentah dari wilayah lain, dan tidak membuat kesepakatan baru untuk membeli produk minyak dari Rusia. Sebelumnya Neste telah membeli dua pertiga minyak mentahnya dari Rusia.

9. OMV Perusahaan minyak dan gas Austria mengatakan kepada Reuters pada 11 Maret bahwa mereka tidak memurnikan kadar minyak mentah Rusia di kilang Eropa, dan tidak berniat untuk melakukannya dalam "waktu dekat". Itu perusahaan mengatakan telah memproses "jumlah kecil" minyak mentah Rusia di masa lalu.

10. PKN Orlen Penyulingan terbesar Polandia mengatakan kepada Reuters pada 11 Maret bahwa pihaknya terus membeli minyak mentah Rusia untuk kilangnya di Polandia, Lituania dan Republik Ceko untuk memenuhi kebutuhan energi di kawasan itu, tetapi siap untuk "skenario apa pun", termasuk penangguhan total pasokan Rusia.

11. PREEM Penyulingan terbesar Swedia, yang dimiliki oleh miliarder Saudi Mohammed Hussein al-Amoudi, mengatakan kepada Reuters pada 11 Maret bahwa mereka telah "menghentikan semua pesanan baru minyak mentah Rusia sambil menunggu sanksi". Impor dari Rusia, yang menyumbang sekitar 7% dari pembelian minyak mentahnya, digantikan oleh minyak dari Laut Utara, kata perusahaan itu.

12. REPSOL Perusahaan energi Spanyol Repsol telah berhenti membeli minyak mentah Rusia di pasar spot, kata juru bicara perusahaan.

13. RWE Utilitas Jerman RWE mengatakan pada 15 Maret akan menghentikan kesepakatan pasokan baru untuk gas atau minyak Rusia.

14. Shell Pedagang minyak terbesar di dunia, Shell mengatakan pada 8 Maret bahwa mereka akan berhenti membeli minyak mentah Rusia dan menghentikan keterlibatannya dalam semua hidrokarbon Rusia. Rosneft mengatakan November lalu telah mengakuisisi saham Shell di kilang minyak PCK Jerman, yang menerima minyak pipa dari Rusia. Transaksi tetap tunduk pada persetujuan regulator.

15. TOTALENERGI TotalEnergies Prancis mengumumkan pada 7 Maret 2022, telah berhenti membeli minyak dari Rusia, meskipun salah satu kilangnya yang terkurung daratan di Jerman terus menerima minyak mentah Rusia melalui pipa.

16. ENERGI VIVA Penyulingan Australia Viva Energy, yang beroperasi di Australia dengan merek Shell, telah berhenti membeli minyak mentah Rusia.

Artikel berita ini telah tayang di iNews.id dengan judul. "16 Perusahaan Boikot Minyak Mentah Rusia, Berikut Daftarnya".

Baca artikel berita ini :

https://www.inews.id/finance/bisnis/16-perusahaan-boikot-minyak-mentah-rusia-berikut-daftarnya

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut