get app
inews
Aa Read Next : BREAKING NEWS! Timur Tengah Memanas, Israel Balas Serang Iran

Peluru Menembus Mata, Jenderal Rusia TetapTangguh Bertempur

Jum'at, 11 Maret 2022 | 19:31 WIB
header img
Jenderal Rusia Mikhail Kutuzov (Foto: via www.rferl.org)

 

 

 

JAKARTA, Sidoarjo.iNews.id – Mikhail Kutuzov  merupakan salah satu pahlawan yang tidak bisa lepas dari sejarah panjang perjuangan Negara Rusia.

Ketika pasukan Napoleon saat invasi Prancis ke Rusia pada Tahun 1812, Jendral Mikhail Kutuzov yang dikenal Tangguh berhasil memukul mundur.

Tak heran jika saat Tentara Merah melawan Pusat Kelompok Tentara Wehrmacht Jerman. Namanya digunakan sebagai operasi pada juli 1943, sebagai bentuk  penghargaan Atas jasa-jasanya.

Operasi Kutuzov adalah salah satu dari dua operasi Soviet utama yang diluncurkan sebagai serangan balasan melawan Operasi Citadel yang dimulai pada 12 Juli dan berakhir 18 Agustus 1943.

Mikhail Kutuzov sering mengalami kejadian berbahaya dalam pertempuran. Pada tahun 1774, saat pertempuran dengan Turki di dekat Alushta, dia luka tembak parah di kepalanya. Meski menderita luka parah di kepala dan peluru menembus mata hingga kehilangan satu mata, Kutuzov tetap bertempur. 

Dokter sempat berpikir dia tidak akan dapat bertahan lama, tapi tubuhnya sangat cepat pulih. Dia juga berjuang saat Perang Rusia-Turki tahun 1787–1991. Kutuzov kembali terluka parah di kepala selama pengepungan Izmail sekitar tahun 1788.  

Ketangguhannya ini yang membuat Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto mengagumi Mikhail Kutuzov. Selain tangguh, Kutuzov juga dikenal dengan kecerdasannya dalam bertempur, sehingga berhasil menahan invasi Napoleon ke Rusia.

"Saya pernah membaca bahwa ketika beliau dalam pertempuran sering mengalami kejadian berbahaya. Ketangguhannya dalam bertahan hidup selama pertempuran sungguh luar biasa dan patut dicontoh," kata Prabowo dikutip iNews.id dari bukunya Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto, Rabu (9/3/2022). Dikutip sidoarjo.inews.id. Jumat, (11/3/2022)

Mikhail Kutuzov lahir tahun 1745 di keluarga insinyur militer. Sejak kecil, dia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga banyak ilmu yang dia pelajari. Dari semua, matematika dan bahasa asing jadi ilmu yang paling disukai dan dikuasainya.

Setelah Mikhail Kutuzov memasuki Sekolah Artileri, dia cepat beradaptasi dengan lingkungannya. Dia dan menjadi salah satu murid terbaik karena kepandaiannya. Saat usianya baru 16 tahun, dia sudah menjabat sebagai ajudan Gubernur Jenderal Revel. Enam bulan kemudian, dia melanjutkan kariernya di dinas militer aktif.

Mikhael Kutuzov tidak hanya tangguh dalam pertempuran. Dia juga pernah mengambil bagian dalam urusan diplomatik dan diangkat menjadi duta besar untuk Konstantinopel. Setelah itu, dia memerintah di Finlandia dan pada 1802 menjadi Gubernur Jenderal St Petersburg.

Meskipun Marsekal Mikhail Kutuzov pernah gagal bersama pasukan Rusia dalam merebut benteng Turki di Brailov tahun 1809, dia tak menyerah begitu saja pada pertempuran selanjutnya. Ketika Rusia dan Prancis bertempur di Borodino, Pasukan Rusia terpaksa menyerahkan ibu kota Moskow. 

"Namun, berkat rencana cerdasnya, Napoleon dan pasukannya kalah dan akhirnya mundur menuju wilayah selatan Rusia," kata Prabowo.

Di saat manuver mundur itulah Napoleon dilanda penderitaan terus-menerus akibat gempuran pasukan Rusia. Dia begitu tidak berdaya karena kelaparan dan suhu yang sangat dingin di bawah nol derajat Celsius. Akhirnya Napoleon kembali ke Paris. Ini menjadi pertempuran yang memalukan bagi Prancis.

Prabowo mengatakan, ada yang menyatakan bahwa Kutuzov seperti Roland dalam novel abad pertengahan yang merupakan seorang kesatria tanpa rasa takut, dan menyelamatkan Rusia dari pasukan invasi Napoleon. Berkat jasanya ini, dia dikenal sebagai pahlawan Rusia. 

"Perjuangan hidupnya untuk mempertahankan tanah airnya tidaklah mudah, begitu menginspirasi dan menjadi panutan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kisah Heroik Jenderal Rusia, Tangguh Bertempur meski Peluru Menembus Mata ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/kisah-heroik-jenderal-rusia-tangguh-bertempur-meski-peluru-menembus-mata.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut