get app
inews
Aa Read Next : Hanya Gara-gara Ini, Tentara Israel Tembak Mati Seorang Warga Palestina

Beredar Video Buaya, Wisata Bahari Tlocor Sidoarjo Sepi Pengunjung

Selasa, 01 Maret 2022 | 18:01 WIB
header img
Kondisi Wisata Bahari Tlocor Sidoarjo tetap aman dan beroperasi meski diterpa kabar hoax video buaya.

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Wisata Bahari Tlocor (WBT) di Tlocor, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo sepi pengunjung. Salah satu sebabnya sejak beredar video di whatsapp dan facebook terkait adanya seorang anak perempuan yang diterkam buaya dari penyebar video menyebutkan lokasi buaya memakan manusia berada di Tlocor.

"Video itu hoax, kejadiannya bukan di Sungai Tlocor Sidoarjo," kata Manajer Operasional Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisata Bahari Tlocor, Alfina Damayanti kepada Sidoarjo.iNews.id, Selasa (1/3/2022).

Ina, sapaan karibnya menyatakan sejak beredar video itu banyak orang yang menanyakan kebenaran dari video tersebut. Bahkan ia berulang kali menjawab bahwa kejadian itu tidak terjadi di Tlocor.

"Bisa didengar dari suara videonya bukan di Jawa, apalagi di sungai Tlocor. Silahkan bisa didengar sendiri," katanya yang juga menautkan link video yang viral itu. https://youtu.be/mXiAvQw-50A

Ina pun menelusuri bahwa lokasi rekaman video tersebut berada di Kalimantan Timur. Itu pun kejadiannya sudah enam bulan yang lalu. "Kemarin ada orang yang datang ke sini dan tanya ada buayanya atau tidak," ungkapnya.

Meski pihaknya berusaha meyakinkan semua pihak atas hoaxnya video tersebut, namun video tersebut terlanjur membawa dampak serius bagi pengunjung WBT.

"Ini terutama bagi pengunjung yang akan naik ke perahu wisata. Padahal, tiga hari ini libur panjang akhir pekan. Kalau weekend biasanya perhari bisa sampai 1000 pengunjung yang tercatat di loket masuk. Lha dampak video itu kini hanya sekitar 400 orang," jelasnya.

Dampak video tersebut, ia berharap masyarakat mengecek dulu kebenaran informasi yang diterima, jangan sampai termakan informasi yang tidak benar. "Kami pastikan di sini aman, tidak ada buaya," jelasnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Djoko Supriyadi memastikan video tersebut bukan di Sidoarjo. "Tidak ada laporan dan semua instansi termasuk Disporapar tidak bertindak tentang adanya video manusia dimakan buaya. Maka dipastikan video tersebut bukan di Sidoarjo," katanya.

Ia menegaskan jika vodeo itu ada di Sidoarjo, maka sudah tentu pihak kepolisian dan instansi terkait langsung bertindak. 

"Masyarakat silahkan ke Tlocor dan pulau Lusi. Pengelola wisata Tlocor siap menyambut dan melayani," pungkasnya.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut