get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Pedagang Keluhkan Pendapatan Merosot, Wisata Gunung Bromo Masih Sepi Pasca Dibuka

Jum'at, 22 September 2023 | 23:29 WIB
header img
Kawasan wisata Gunung Bromo (foto: MPI/Avirista Midaada)

MALANG, iNewsSidoarjo.id – Kawasan wisata Gunung Bromo masih sepi dari pengunjung di hari ketiga pembukaan pasca-kebakaran. Salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia ini memang baru dikunjungi sekitar 760 wisatawan sejak dibuka 19 September 2023 hingga Kamis (21/9/2023).

Pantauan selama hari Kamis pagi hingga sore di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), terlihat kawasan ini sangat sepi.

Di kawasan yang luas itu hanya terlihat 20 wisatawan saja, dengan 4 di antaranya merupakan wisatawan mancanegara. Sisanya, nyaris kawasan Gunung Bromo sepi. Bahkan di kawasan Bukit Teletubbies dan Blok Watugede yang biasanya dijadikan spot wisatawan berfoto pun sepi.

Hanya satu penjual bakso keliling dan satu mobil jeep dengan 4 wisatawan yang ditemui di kawasan Blok Watugede pada siang harinya. Sepinya aktivitas wisata diakui Siti Wiyanah, penjual makanan dan minuman di warung Blok Jemplang Malang.

Dia mengungkapkan aktivitas perekonomian belum sepenuhnya pulih. Bahkan pendapatannya masih jauh merosot hingga ke angka Rp50.000 dalam sehari.

"Turun drastis, masih sepi tiga hari ini dibuka. Sebelumnya Rp500.000 minimal dapat, sekarang Rp150.000 sudah banyak, kadang dapat Rp50.000 saja sejak pagi sampai sore," ucap Siti, dilansir dari iNews.id pada Jumat (22/9/2023).

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut