get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Layanan Publik, Plt Bupati Sidoarjo Subandi Raih Penghargaan Pemimpin Daerah Award 2024

Genjot Perekaman E-KTP Pemula dan Perbanyak Aktivasi IKD, Ini Harapan Plt Bupati Sidoarjo Subandi

Jum'at, 09 Agustus 2024 | 19:22 WIB
header img
Plt Bupati Sidoarjo memberikan E-KTP kepada siswa SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. (Foto : Pemkab Sidoarjo).

SIDOARJO, iNews.id - Jemput bola layanan saat ini tengah digencarkan Pemkab Sidoarjo. Pelayanan diantaranya, jemput bola aktivasi identitas kependudukan digital (IKD) dan perekaman e-KTP bagi pemula "goes to school" yang dilakukan di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo.

Plt. Bupati Sidoarjo Subandi didampingi oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sidoarjo Reddy Kusuma, memberikan arahan langsung ke siswa-siswi SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo saat jemput bola.

Arahan tersebut terkait proses perekaman dan pencetakan KTP elektronik (KTP-el) bagi pemula serta aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo tadi, sebanyak 200 siswa melakukan perekaman e-KTP dan sebanyak 250 guru maupun murid berhasil aktivasi IKD.

Untuk capaian total aktivasi IKD di Sidoarjo saat ini sudah tembus 121 ribu lebih yang sudah aktivasi. Subandi menekankan pentingnya adaptasi terhadap kebiasaan baru melalui penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

IKD ini menjadi langkah strategis, sejalan dengan perkembangan teknologi modern untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses data diri melalui smartphone berbasis Android.

"Ini adalah momentum transformasi dari pelayanan manual menuju sistem pelayanan digital, yang diharapkan mampu mempercepat pelayanan publik, khususnya dalam administrasi kependudukan," ujarnya.

Selain itu, penerapan IKD dan aplikasi Plavon Dukcapil yang diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menjadi salah satu bukti nyata keseriusan pemerintah dalam mewujudkan ekosistem layanan digital yang terintegrasi.

Langkah ini tidak hanya memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan, tetapi juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik secara keseluruhan.

"Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan arus informasi, tuntutan dan harapan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik semakin meningkat. Oleh karena itu, layanan jemput bola seperti perekaman KTP-el dan aktivasi IKD di sekolah-sekolah harus terus dilakukan," lanjut dia.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut