get app
inews
Aa Read Next : Ini Pesaing Marselino Ferdinan, Delano van der Heijden Beri Kode Ingin Perkuat Timnas Indonesia?

Dijuluki Roberto Carlos! Ini 5 Pesepakbola Indonesia Berkarier di Luar Negeri

Kamis, 07 Maret 2024 | 16:42 WIB
header img
Syamsir Alam (paling kiri), 1 dari 5 pesepakbola Indonesia yang hilang ditelan bumi setelah berkarier di luar negeri. (Foto: Okezone.com)

3. Reffa Money Reffa Money merupakan kapten Timnas Indonesia U-19 dan SAD Uruguay angkatan Syamsir Alam. Pada zamannya, ia adalah bek muda terbaik yang dimiliki Timnas Indonesia. Sempat berguru di Uruguay selama beberapa tahun, Reffa Money balik ke Indonesia pada 2011.

Ia sempat berkarier bersama Persis Solo hingga Pelita Bandung Raya. Namun, cedera lutut parah menimpa Reffa Money hingga membuatnya gantung sepatu. Ketika pulih dari cedera lutut, Reffa Money ikut tes TNI AD dan lolos.

4. Alan Martha Alan Martha merupakan tandem Syamsir Alam di lini depan Timnas Indonesia U-19. Kolaborasi keduanya tak hanya terjadi di Timnas Indonesia U-19, tapi juga di tim SAD Uruguay. Namun, setelah kembali ke Indonesia, karier sepakbola Alan Martha meredup.

Sempat membela Sriwijaya FC, Kalteng Putra, Celebest FC hingga Persikad Depok, Alan Martha memutuskan pensiun dini di usia 25 tahun pada 2018.

5. Zainal Haq Zainal Haq merupakan gelandang andalan Timnas Indonesia U-19 era Syamsir Alam. Ia juga pernah tiga tahun (2011-2014) memperkuat CS Vise setelah sebelumnya satu tahun (2010-2011) membela Penarol U-19.

Sempat berkarier di sejumlah klub Liga 1 macam Persela Lamongan hingga Kalteng Putra, Zainal Haq kini berstatus tanpa klub di usia 32 tahun. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut