get app
inews
Aa Read Next : VJ: Belasan Remaja Diduga Anggota Gengster Diamankan Polisi, Senjata Tajam Disita

Remaja Berusia 15 Tahun Lolos Fakultas Kedokteran UI, Ini Sosok Dyah Ayu Ardhana Reswari

Senin, 04 Maret 2024 | 13:36 WIB
header img
Dyah Ayu Ardhana Reswari, mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) berusia 15 tahun. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Dyah Ayu Ardhana Reswari, seorang mahasiswa dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) pada tahun ini, berusia 15 tahun.

Dyah berhasil lolos ujian masuk UI melalui Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), setelah sebelumnya tidak berhasil melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

“Saya sering melakukan latihan soal, mengikuti tryout, dan mereview hasil ujian. Review ini penting karena dari kesalahan yang terlihat saat latihan atau tryout, saya bisa mempelajari materi yang kurang saya mengerti,” ujar Dyah, seperti yang dilansir dari iNewsProbolinggo.id melalui keterangan resmi UI, Senin (4/3/2024).

Diketahui jika Dyah mulai mencari tahu tentang perkuliahan di UI melalui testimonial orang-orang di media sosial ketika masih di SMA. Dia juga mendapatkan informasi lebih lanjut dari mahasiswa UI yang mengadakan kegiatan Expo Campus di sekolahnya. Dengan demikian, Dyah mantap memilih FKUI sebagai tempat untuk menempuh pendidikan.

“Dulu, banyak yang mengatakan bahwa impian saya untuk masuk FKUI terlalu idealis dan tidak realistis. Namun, Alhamdulilah, dengan dukungan orang tua dan teman-teman, saya berani memilih FKUI melalui SNBT. Walaupun hasil tryout masih kurang, saya tetap berusaha, dan akhirnya berhasil. Jadi, tidak ada yang tidak mungkin jika kita berusaha dan yakin!” katanya.

Dyah merupakan siswa dari SMAN 1 Cileungsi, Bogor, dan memiliki cita-cita menjadi dokter sejak kecil. Ketertarikannya pada FKUI bermula dari materi sejarah tentang fakultas tersebut yang pernah dia pelajari di Sekolah Dasar (SD).

Pada saat itu, guru menyampaikan informasi tentang STOVIA, yang merupakan lembaga pendidikan kedokteran pertama dan tertua di Indonesia dan merupakan cikal bakal FKUI.

Dyah kemudian mencari informasi tentang FKUI dari keluarga, lingkungan sekitar, dan siaran di televisi. Mahasiswa muda ini sudah terbiasa berdisiplin sejak kecil. Dia mulai masuk SD pada usia yang relatif muda, yaitu 4 tahun 10 bulan.

Selain itu, Dyah mengikuti program kelas akselerasi sehingga berhasil menyelesaikan studi SMP dalam waktu hanya 2 tahun.

Meskipun demikian, Dyah tidak hanya fokus pada prestasi akademis, tetapi juga mengimbanginya dengan kegiatan non-akademis. Dia memiliki berbagai jabatan seperti Sekretaris 1 MPK SMAN 1 Cileungsi, Ketua Umum Komunitas MPK Kabupaten Bogor, dan Sekretaris Komisi Kaderisasi Forum MPK Jawa Barat.

Selain itu, Dyah juga aktif dalam ekstrakurikuler seperti Ekskul Band Musik, Rohis Japanese Club, dan English Club. Dyah juga pernah meraih juara dalam Lomba Spelling Bee Cendana English Competition dan berhasil lolos sebagai Duta Hukum-HAM Jawa Barat.

“Saya ingin menjaga keseimbangan antara kegiatan akademik dan non-akademik, serta mengembangkan minat dan relasi dengan bergabung di organisasi/UKM di UI.

Selain itu, saya berharap FKUI dapat menjadi wadah untuk menimba ilmu dan membantu saya mewujudkan cita-cita sebagai dokter yang mampu mengimplementasikan ilmu demi kemajuan sektor kesehatan di Indonesia,” pungkasnya. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut