get app
inews
Aa Read Next : Digelar September 2024! Presiden FAM Jadwalkan Laga Timnas Indonesia vs Timnas Malaysia

Gus Baha beri Saran dan Tips Hadapi Era Digital dan Zaman Modern

Selasa, 16 Januari 2024 | 18:34 WIB
header img
KH Ahmad Bahauddin Nur Salim atau populer disapa Gus Baha. Foto istimewa

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Era digital dan zaman modern, tidak hanya memberikan banyak keuntungan dan kemudahan dalam hidup, namun banyak pula dampak negatif yang ditimbulkannya.

“Saya saran, kamu ngadepi zaman modern itu harus baca Qur’an,” ungkapnya dalam salah satu kajiannya yang ditayangkan Youtube Bayt Al-Qur'an, baru-baru ini, dikutip dari sindonews.com pada Selasa (16/1/2024).

Bagaimana seorang muslim menyikapi zaman digital dan modern ini? Berikut saran dan tips yang diberikan KH Ahmad Bahauddin Nur Salim atau populer disapa Gus Baha. Diketahui Gus Baha menjelaskan menurut para ulama, apa pun rusaknya zaman, sebetulnya gesekan-gesekan di alam nyata ini mirip, seperti ada kotoran dan ada darah.

“Kalau kamu orang baik, pasti tetap jadi labanan khalishan (susu murni),” jelasnya.

Gus Baha juga memberikan motivasi agar tidak putus asa, tanpa memandang zaman. Baginya, umat Islam harus tetap menjadi labanan khalishan (susu murni), meskipun berada di tengah-tengah mim baini fartsiw wa dami (antara kotoran dan darah).

“Itu bukti bahwa kita ndak boleh putus asa,” tegasnya.

Sosok yang juga merupakan pengasuh Pesantren Tahfidzul Qur'an LP3iA Narukan di Kragan, Rembang, Jawa Tengah, memberikan alasan sekaligus landasan. Ia merujuk pada penggalan Al-Qur'an Surat An-Nahl ayat 66, yang terjemah lengkapnya adalah sebagai berikut:

“Sesungguhnya pada hewan ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberi kamu minum dari sebagian apa yang ada dalam perutnya, dari antara kotoran dan darah (berupa) susu murni yang mudah ditelan oleh orang-orang yang meminumnya.”

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut