get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Maut Bus Rosalia Indah Tol Pemalang-Batang, 7 Korban Tewas

Presiden Partai Buruh Desak Pemerintah Usut Ledakan Tungku Smelter di Morowali

Minggu, 24 Desember 2023 | 23:32 WIB
header img
Konsolidasi Akbar Partai Buruh di Sidoarjo. Minggu (24/12/2023).

SIDOARJO, iNews.id - Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mendesak Menteri Tenaga Kerja, Menteri Perekonomian, dan Pemerintah Daerah Morowali untuk mengusut peristiwa ledakan tungku smelter milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Morowali Sulawesi Tengah. Hal itu disampaikan Said Iqbal disaat menghadiri acara Konsolidasi Akbar Partai Buruh di Sidoarjo.

Said Iqbal mengatakan bahwa telah terjadi kebakaran di PT ITSS di kawasan Industri Morowali, kebakaran ini diduga mengakibatkan 15 orang tewas, mereka merupakan adalah para buruh lokal. Sementara yang mengalami luka bakar berat 20 orang, sementara di lantai tiga dan lantai empat belum diketahui korbannya.

"Oleh karena itu melalui kesempatan ini Partai Buruh meminta kepada Menteri Tenaga Kerja, dan Menteri Perekonomian serta Pemerintah Daerah untuk mengambil langkah-langkah segera mungkin. Membentuk tim pencari fakta, karena ini menyangkut nyawa seseorang manusia," kata Said usai mengikuti konsolidasi Partai Buruh di Sidoarjo, Minggu (24/12/2023).

Said menjelaskan, banyak perusahaan-perusahaan terutama dari investasi China itu mengabaikan tentang Keselamatan Kesehatan Kerja (K3). Karena dari informasi dari Morowali diperusahaan tersebut, salah satu penyebabnya pintu evakuasi yang sangat kecil, sehingga mengakibatkan korban yang banyak.

"Kami meminta tegakkan K3, semua perusahaan yang ada di Morowali, Morowali utara dan Konawe, di Sulawesi Tenggara, wajib menjalankan K3. Selain itu harus melakukan investigasi pencari fakta terpadu, harus ada yang bertanggungjawab dan harus ditindak pidana," jelas Said.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut