get app
inews
Aa Read Next : Pesepakbola Muslim Asal Sinegal Ini, Resmi Gabung Al Nassr

Rohingya, Minoritas Muslim yang Teraniaya di Myanmar

Sabtu, 16 Desember 2023 | 07:39 WIB
header img
Rohingya. (Foto: reuters)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Rohingya adalah kelompok Muslim minoritas yang berasal dari Negara Bagian Rakhine (Arakan) di Myanmar (Burma). Mereka telah dipaksa meninggalkan tempat asalnya dan diarahkan ke kamp-kamp pengungsian di Bangladesh dan negara-negara lain.

Menurut laporan Al Jazeera, orang Rohingya menggunakan bahasa Rohingya atau Ruaingga, sebuah dialek yang berbeda dari bahasa yang umumnya digunakan di Myanmar.

Disebabkan oleh penganiayaan dan kekerasan berkelanjutan, ratusan ribu orang Rohingya melarikan diri ke berbagai negara tetangga, baik melalui jalur darat maupun laut.

Dilansir dari Okezone.com dan mengutip Minority Rights, mayoritas Muslim di Negara Bagian Rakhine menyebut dirinya sebagai "Rohingya", kata yang berasal dari bahasa Bengali dan mirip dialek Chittagonian. Mereka mengidentifikasi diri mereka sebagai penduduk asli wilayah tersebut.

sementara pemerintah Burma dan kelompok nasionalis Buddha menganggap mereka sebagai keturunan India yang bersekutu dengan Inggris. Dalam konteks sejarah, mayoritas orang Rohingya menganut agama Islam.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut