Logo Network
Network

Mahfud MD Dinasehati Kiai Pesantren, Kebutuhan Cuma Segitu, Pejabat Jangan Korupsi

Abdul Malik Mubarok
.
Sabtu, 09 Desember 2023 | 18:45 WIB
Mahfud MD Dinasehati Kiai Pesantren, Kebutuhan Cuma Segitu, Pejabat Jangan Korupsi
Kesederhanaan, kejujuran, dan keberanian Menko Polhukam Mahfud MD merupakan buah internalisasi nilai-nilai yang ditanam sejak kecil saat belajar di pondok pesantren. (Foto:ist)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Kesederhanaan, kejujuran, dan keberanian Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membongkar kasus korupsi di Tanah Air merupakan buah internalisasi nilai-nilai yang ditanam sejak kecil. Periode 1968-1969, calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo itu nyantri di Pondok Pesantren Al Mardliyyah, Waru, Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Saat itu, Mahfud dibimbing oleh Kiai Mardliyyan, sosok yang mengajarkannya hidup sederhana dan senantiasa merasa cukup. Saat makan di rumah kiai itulah Mahfud MD diajari hidup sederhana, merasa cukup, dan tidak menginginkan lebih dari yang dibutuhkan. "Fud, sini makan".

Saya selalu diajak makan ke dalam, (dalam) itu rumah kiainya," tutur Mahfud MD mengenang masa lalu. Mahfud bercerita, saat dirinya sudah kenyang, sang kiai terus-terusan memintanya untuk makan lagi.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.