Logo Network
Network

Dorong Penuruan Angka Kematian Ibu dan Bayi di Sidoarjo, Ini Pesan Bupati Muhdlor

Ulum Fajar Setiawan
.
Rabu, 29 November 2023 | 00:07 WIB
Dorong Penuruan Angka Kematian Ibu dan Bayi di Sidoarjo, Ini Pesan Bupati Muhdlor
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor berpesan kepada kades kesehatan terkait penurunan angka kematian ibu dan anak. (Foto : ist).

SIDOARJO, iNews.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo melaksanakan kegiatan sosialisasi dalam rangka mendorong penurunan Angka Kematian Ibu serta Angka Kematian Bayi (AKB), yang dilaksanakan di Hotel Aston Sidoarjo, Selasa (28/11/2023).

Bupati Sidoarjo Ahmad Mudhlor menyampaikan kader kesehatan yang ada di Sidoarjo ini, diharapkan mampu membantu dan menjadikan kabupaten ini lebih baik lagi.

"Pihak kami, tidak akan mampu membangun sidoarjo ini, kalau tidak ada peran aktif dari masyarakat. Tanpa adanya peran masyarakat dalam pembangunan kami tidak bisa berbuat apa-apa," ujarnya.

Oleh karena itu, Gus Mudhlor terus mendorong agar masyarakat peduli dan terlibat dalam pembangunan yang akan segera direalisasikan bahkan sudah realisasikan di kabupaten Sidoarjo ini.

Bahkan, dirinya mengaku pada tahun 2024 mendatang ia akan melibatkan struktur pemerintah yang paling kecil yakni pengurus RT dalam membangun Sidoarjo.

Selain itu, ia mengapresiasi bagaimana upaya para kader kesehatan sidoarjo berperan khususnya pencegahan stunting yang ada di kabupaten tersebut.

Apalagi, menurut dia, Sidoarjo membutuhkan kader kesehatan yang lebih banyak lagi yang selalu sigap saat dibutuhkan masyarakat. "Sekali lagi saya katakan bahwa konsepnya kita membangun Sidoarjo yaitu dengan berbarengan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Gus Mudhlor mengaku terkait belum terjadinya hasil yang memuaskan pada Open Defecation Free (ODF). Menurutnya, saat ini berfokus pada pembangunan infrastruktur.

"Tahun depan, pihak pengurus RT akan kita kuati. serta menghapus bersih pada ODF, hal ini dapat mengurangi beban kader Kesehatan," harapannya.

Kedepannya seluruh RT di Sidoarjo akan dilakukan dalam perlombaan lima kategori antara lain RT sehat, RT mandiri sejahtera, RT asri, RT berbudaya dan RT jimpitan.

Gus Mudhlor berpesan para kader yang ada di Sidoarjo bisa menjadi provokator kesehatan terhadap masyarakat diharapkan warga terus sehat dan angka stunting menjadi nol.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini