get app
inews
Aa Read Next : Tega! Pria Sidoarjo Diduga Gelapkan Motor Karyawannya

Padepokan Kiai Aji Gunung, Situs Bersejarah Penyebaran Islam di Sampang

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 19:41 WIB
header img
Situs Padepokan Kiai Aji Gunung alias Raden Qobul atau Raden Kabul, pusat syiar Islam di Sampang. (Foto: iNews/Diwan mohammad zahri

SAMPANG, iNews.id - Padepokan Kiai Aji Gunung alias Raden Qobul atau Raden Kabul merupakan salah satu situs bersejarah penyebaran Islam di Sampang, Madura. Menurut sejarahnya, situs ini merupakan titik awal syiar Islam di Sampang.

Melangsir dari iNews.id, kiai Aji Gunung merupakan salah satu ulama besar di Madura, sekaligus salah satu Waliyullah, tokoh penyebar ajaran Islam di Pulau Madura.

Terdapat beberapa santri dari Raden Kabul, di antaranya Kiai Agung Raba Pamekasan (Kiai Abdurrahman), Kiai Abdul ‘Allam Prajjan Sampang dan Kiai Abdul Jabbar alias Buju’ Napo Omben, Sampang.

Tak hanya itu, juga ada beberapa versi sejarah menurut kepercayaan masyarakat, akan tetapi yang umum yaitu Empu Bageno dalam menjalankan amanat menyiarkan Islam, mengutus putranya Raden Kobul ke Sampang setelah lama menjadi santri di Sunan Ampel Surabaya.

Sedangkan untuk tempat tinggalnya diharuskan mengikuti jatuhnya lidi yang dilemparkan Empu Bageno dari Arusbaya Bangkalan.

Lidi itu dipercaya jatuh di Kampung Panyepen, dekat SDN Dalpenang 2, Kelurahan Dalpenang, Kecamatan Sampang. Sesepuh Kampung Penyepen Ach Munir mengatakan, Padepokan Raden Kabul yang berada di daerahnya dipercaya sebagai tempat awal perjuangan Kiai Aji Gunung dalam menyebarkan ajaran agama Islam.

Lebih lanjut, Dia juga menyampaikan di padepokan itulah salah satu pondok pesantren yang didirikan Raden Kabul sehingga banyak santri yang mondok di daerah tersebut. Seperti Kiai Agung Raba Pamekasan, Kiai Abdul ‘Allam Prajjan Sampang dan Kiai Abdul Jabbar alias Buju’ Napo Omben.

"Di Padepokan Raden Kabul itu dipercaya Empu Bageno memberikan petunjuk semacam lidi kepada Raden Kabul dan disinilah lidi itu tertancap. Dipercaya juga di sini pernah didirikan semacam pondok pesantren oleh Raden Kabul," ujarnya, Jumat (27/10/2023).

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut