get app
inews
Aa Read Next : Pria Mirip STY di Ponorogo Viral Jelang Semifinal Timnas U-23, Siapa Dia?

Viral! Jangan Asal Nyalakan Lampu Hazard, Bikin Pengemudi Dibelakang Bingung

Senin, 23 Oktober 2023 | 12:30 WIB
header img
Masih banyak yang salah kaprah tentang penggunaan lampu hazard. (Foto: TikTok @plk99).

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Sebuah video ramai di media sosial yang memperlihatkan seorang pengemudi mobil asal menyalakan lampu hazard. Hal tersebut membuat pengguna jalan di belakangnya kebingunan dengan tindakan yang dilakukan pengemudi tersebut.

“Pahami fungsi lampu hazard, kalau buat jalan lurus akan membingungkan yang dari arah kiri atau kanan,” tulis si perekam dalam keterangan unggahan video yang diunggah oleh akun TikTok @plk99.

Lampu hazard merupakan fitur yang membuat kedua lampu sein menyala bersamaan, yang biasanya digunakan dalam keadaan darurat. Tetapi, saat ini ada banyak pengemudi mobil yang tak tahu penggunaan lampu hazard yang tepat.

Bahkan, banyak yang menggunakan fitur lampu hazard saat kondisi hujan deras dengan jarak pandang terbatas.

Padahal, itu membahayakan pengguna jalan di belakangnya, yang bisa mengira mobil di depannya dalam keadaan darurat. Sony Susmana, training director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan perilaku tersebut salah.

Dia mengatakan hal tersebut bisa menyebabkan situasi yang sangat berbahaya, terutama bagi orang asing. Penggunaan lampu hazard juga sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam Pasal 121 Ayat 1 disebutkan bahwa lampu hazard hanya boleh digunakan dalam kondisi darurat.

“Tidak semua orang presepsi daruratnya itu sama. Kalau hujan lebat menurut dia itu berbahaya, seharusnya menepi atau cari rest area, bukan menyalakan hazard. Intinya, lampu hazard itu tidak boleh dinyalakan saat mobil berjalan,” kata Sony, dilansir dari iNews.id pada Senin (23/10/2023).

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut