get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Lewat Lentera, Begini Cara Imigrasi Surabaya Minimalisir Angka Pelanggaran

Senin, 16 Oktober 2023 | 18:48 WIB
header img
Kabid Inteldakim Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Surabaya, Rizky Yudhaikawira. (Foto : Ulum Fajar S/iNewsSidoarjo.id).

SIDOARJO, iNews.id - Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Surabaya punya inovasi Layanan Edukasi dan Literasi Peraturan Keimigrasian (Lentera) untuk meminimalisir angka pelanggaran. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Intelijen Penindakan Keimigrasian Rizky Yudhaikawira.

Menurut dia, inovasi Lentera itu sebagai sarana penerang bagi orang asing atau warga Surabaya untuk berkonsultasi keseluruhan tentang keimigrasian.

"Program inovasi melalui Literasi ini merupakan suatu jembatan antara imigrasi Surabaya, orang asing dan penjamin, agar kita bisa berikan edukasi dan juga mengurangi angka pelanggaran yang tidak kita inginkan pada mereka," kata Rizky, Senin (16/10/2023).

Menurutnya, Keimigrasian dalam regulasi harus dicermati untuk pelanggaran yang dilakukan warga asing secara umum saat memasuki negara Indonesia. Hal itu dikarenakan kurangnya edukasi terhadap mereka soal aturan tentang keimigrasian tersebut.

"Kami memiliki gagasan untuk membuatkan ruangan Pelayanan untuk inovasi Lentera itu secara khusus. Kami sengaja tidak buatkan pintu di lantai 2 ini sebagai bentuk sarana publik ke masyarakat," ujarnya.

Dia berharap, siapapun datang di ruangan Layanan Edukasi dan Literasi Peraturan Keimigrasian (Lentera), tersebut bisa untuk berkonsultasi dan bercerita secara nyaman.

"Mereka bisa datang ke ruangan inovasi Lentera Keimigrasian secara gratis, dan bisa konsultasi secara cepat, agar tidak mendapat informasi yang salah, dan informasi benar langsung kepada kami," paparnya.

lebih lanjut ia menerangkan, program inovasi Lentera Keimigrasian sebagai solusi untuk mengetahui regulasinya.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut