get app
inews
Aa Read Next : Bandara Juanda Siaga Sambut Lonjakan Penumpang di Mudik Lebaran 2024

Petugas Gabungan Bandara Juanda Gagalkan Penyelundupan Sabu 519 Gram

Sabtu, 30 September 2023 | 10:01 WIB
header img
Rilis kasus penggagalan upaya pengiriman sabu ke palangkaraya di Mako Lanudal Juanda, Jumat, (29/9/2023)

SIDOARJO, iNews.id - Petugas gabungan dari Bandara Juanda yang terdiri dari Satgaspam, Avsec dan Angkasa Pura Logistik Juanda, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu yang akan dikirim ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, melalui ekspedisi juanda, pada hari Jumat, (21/9) Sebanyak 519 gram sabu yang dikemas 46 paket, dalam 4 kantong sabu, berhasil diamankan petugas gabungan.

Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo mengatakan, kasus ini terungkap dari informasi Satuan Tugas pengamanan (Satgaspam) Bandara Juanda, tantang adanya pengiriman barang melalui cargo Angkasa Pura Logistik.

"Informasi berawal dari tim Satgaspam, Avsec dan Petugas logistik yang menemukan barang yang mencurigakan. Usai kita periksa, kita menemukan barang haram berupa Narkotika Golongan 1 (Methamphetamine) yang dikemas bersama makanan (snack)," kata Heru saat jumpa pers, Jumat, (29/9/2023).

Temuan itu, kemudian di serahkan ke BNNP Jatim untuk ditindak lanjuti. Hanya butuh waktu 5 hari, terduga pelaku berinisial ES warga Surabaya, ditangkap petugas saat akan mengambil paket. Karena Kiriman paket yang menyalahi ketentuan, tidak bisa diteruskan ke penerima.

"Tersangka ES diamankan di gudang ekspedisi saat akan mengambil paket. Dengan tertangkapnya pelaku kurir sabu ini, saya sangat mengapresiasi kinerja BNNP Jatim yang cepat menindak lanjuti temuan kami, serta kerjasama yang baik antara steak holder di Bandara Juanda," terang Heru.

Ia menegaskan, kepada masyarakat untuk tidak main-main menyelundupkan narkotika melalui Bandara Juanda. kami bersama pihak terkait, selalu waspada dan mengupdate berbagai peralatan pendeteksi narkoba.

"Di Bandara Internasional Juanda ini, kita memiliki peralatan X-Ray untuk mengecek barang yang dikirim, sehingga jika ada narkoba akan terdeteksi. Jadi jangan bermain dikawasan Bandara Juanda, kami telah memiliki peralatan canggih," imbuh Heru.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut