get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Habiskan Rp331 Miliar, Renovasi Stadion Kanjuruhan Ditarget Rampung 16 Bulan, Kecuali Gate 13 Ada Ap

Sabtu, 09 September 2023 | 13:39 WIB
header img
Kondisi stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, September 2023. Foto: MPI/Avirista Midaada

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Stadion Kanjuruhan, Yuni Ahmad Arifianto, mengungkapkan bahwa wajah Stadion Kanjuruhan akan mengalami perubahan sebesar 60 persen.

Renovasi ini akan dilakukan dalam kerjasama antara PT Waskita Karya dan PT Brantas Abipraya. Selain perubahan pada wajah stadion, kapasitas penonton juga akan mengalami penurunan signifikan.

"Kapasitas penonton yang awalnya mencapai 38 ribu akan menjadi 21.734 penonton, termasuk kursi untuk penonton VVIP," ujar Yuni Ahmad.

Perubahan lainnya akan melibatkan peningkatan kualitas rumput dan perbaikan akses keluar masuk penonton. Selama ini, dari penilaian FIFA hingga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), infrastruktur dasar stadion dianggap tidak memadai.

Pengerjaan awal renovasi Stadion Kanjuruhan akan dimulai dengan pembongkaran struktur yang ada, yang akan diperkuat agar lebih tahan gempa. Selanjutnya, atap di tribun barat akan diganti sesuai dengan standar FIFA.

Yuni Ahmad juga mengonfirmasi bahwa museum akan dibuat di gate 13 untuk mengenang korban Tragedi Kanjuruhan. Salah satu kios di gate 13 akan diubah menjadi museum yang dapat dikunjungi oleh penonton.

Museum ini akan mencantumkan nama-nama dan foto-foto korban Tragedi Kanjuruhan, serta prestasi yang pernah diraih oleh Arema, menjadikannya mirip dengan stadion-stadion di luar negeri.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut