get app
inews
Aa Read Next : Tunjuk Pep Guardiola sebagai Pelatih Timnas Indonesia, Anjas Asmara Minta Shin Tae-yong Dipecat?

9 Situs Warisan Dunia UNESCO, Candi Borobudur hingga Taman Nasional Komodo

Senin, 23 Oktober 2023 | 13:33 WIB
header img
Candi Borobudur, salah satu situs warisan dunia UNESCO (Foto: Unsplash/Mario La Pergola)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - INDONESIA memiliki 9 (sembilan) warisan dunia UNESCO. Mulai dari candi hingga taman nasional yang sangat indah dan sudah mendunia. Situs warisan dunia UNESCO atau UNESCO's World Heritage Sites sendiri merupakan tempat khusus atau landmark yang telah ditetapkan sebagai program warisan dunia secara internasional yang dikelola langsung oleh UNESCO World.

Dikutip dari okzone.com, Sabtu (2/9/2023) melalui laman Kantor Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO Kementerian Pendidikan Indonesia, terdapat 9 situs warisan dunia UNESCO di Indonesia seperti berikut :

1. Candi Borobudur Kawasan Candi Borobudur telah ditetapkan sebagai situsan warisan dunia UNESCO Indonesia sejak 13 Desember 1991. Mengutip laman Kebudayaan Kemendikbud RI, bangunan candi yang terletak di Desa Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini mulai dibangun pada abad 824 Masehi oleh Raja Samaratungga ketika masa Wangsa Syailendra.

Bangunan candi ini dibagun guna memuliakan agama Budha Mahayana. Dari segi bangunanya sendiri, Candi Borobudur memiliki ukuran panjang 121,66 meter dan lebar 121,38 meter, serta tinggi 35,40 meter. Susunan tinggi bangunannya ini pun terlihat berundak sembilan teras dengan satu buah stupa di induk puncaknya.

Diketahui batu-batu yang digunakan untuk membangun Candi Borobudur yakni 2 juta potong batu.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut