get app
inews
Aa Read Next : Wamenparekraf Apresiasi ISSITA, Dukung Kembangkan Sport Tourism di Jawa Timur

Gubernur Khofifah Serukan Salat Istisqo, Kebakaran Landa 3 Gunung di Jatim

Minggu, 03 September 2023 | 16:10 WIB
header img
Penampakan kebakaran di Gunung Arjuno, Jawa Timur. (istimewa)

PASURUAN, iNewsSidoarjo.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyerukan kepada warga Jatim untuk menggelar salat istisqo atau salat meminta hujan. Seruan itu disampaikan Khofifah menyusul kebakaran hutan di tiga gung Jatim yakni Gunung Arjuno, Bromo dan Semeru.

Menurut Khofifah, kebakaran di Gunung Arjuno terjadi setelah 10 hari tidak hujan. Hal ini ditambah dengan cuaca kering dan ekstrem.

"Dengan kondisi ini kami melihat bahwa sudah saatnya kita melakukan salat istisqo untuk meminta hujan," ucap Khofifah usai meninjau proses pemadaman api di Gunung Arjuno, dari Prigen, Pasuruan, Dilansir dari iNews.id pada Minggu (3/9/2023).

Khofifah menambahkan, salat istisqo bisa dilaksanakan masyarakat di lapangan atau halaman masjid yang terbuka. Ia menegaskan, bahwa ini juga merupakan upaya untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Selain upaya fisik, mari kita memulai salat istisqo. Mudahan-mudahan Allah segera menurunkan hujan yang berkah, yang bisa memadamkan karhutla dan memberikan sumber air kehidupan bagi masyarakat Jatim," kata Khofifah.

Khofifah yang juga Ketua Muslimat Nahdatul Ulama (NU) juga meminta oknum yang sengaja membakar lahan untuk ditindak tegas. Sebab dari hasil penyelidikan kepolisian dan juga laporan yang dihimpun Dinas Kehutanan Jatim, disinyalir penyebab karhutla di Gunung Arjuno ini salah satunya adalah perburuan liar.

"Maka apa yang terkonfirmasi bahwa kemungkinan terjadinya kebakaran hutan ini adalah aktivitas perburuan liar. Maka saya mohon segera dihentikan. Tolong dijaga alam kita dan lindungi hutan kita dari perburuan liar," kata Khofifah.

Diketahui, dua kawasan gunung di Jawa Timur terbakar. Kebakaran melanda kawasan Gunung Arjuno dan Gunung Bromo-Semeru. Setidaknya ada ratusan hektar lahan yang terbakar di dua kawasan gunung tersebut.

Di kawasan Gunung Arjuno misalnya api pertama kali terlihat di Curah Sriti, Bukit Lincing, hingga Bukit Budug Asu, yang masuk Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, pada Sabtu dini hari (26/8/2023).

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut