get app
inews
Aa Read Next : Laboratorium Kebijakan Publik UMSIDA Gelar FGD Bahas Peran Media dalam Pembangunan Infrastruktur

Ciptakan Aplikasi Wiphi Anti Depresi, Mahasiswa UNUSIDA Raih Medali Perunggu

Kamis, 24 Agustus 2023 | 17:34 WIB
header img
Dua dari kiri ( Aisyah Febrianti Azzaroh, Mahasiswa Filkom) bersama tim pencipta aplikasi Wiphi saat berfoto bersama di kampus UNUSIDA, Kamis (24/8/2023).

SIDOARJO, iNews.id – Ajang bergengsi internasional yang digelar di Korea bertajuk “Korea Internasional Women’s Invitation Exposition 2023 (KIWIE)" berhasil membawa harum nama Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (UNUSIDA), di ajang berbakat internasional.

Dari ajang KIWIE, medali perunggu berhasil dibawa pulang dari karya mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) berupa aplikasi “Wiphi” Aplikasi Wiphi merupakan salah satu inovasi yang diciptakan para mahasiswa UNUSIDA yang mampu mengukur tingkat depresi seseorang terutama di kalangan remaja saat ini.

Dosen Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komunikasi, Arda Surya Editya, S.Pd., M.T. sangat menyambut dan mengapresiasi dengan baik, karya dari mahasiswanya yang berhasil mendapatkan penghargaan dari ajang bergengsi tersebut.

“Kami sangat bangga kepada para mahasiswa yang berhasil membawa pulang medali Perunggu untuk UNUSIDA di ajang pertama kalinya dengan mengangkat tema Perempuan yang digelar di Korea. Meski secara online, antusias mahasiswa serta respond dari pihak WIKIE sangat baik terhadap karya ini” Ungkap Arda saat diwawancarai pada, Kamis (24/8/2023).

Adapun Wiphi sebenarnya hampir sama dengan aplikasi whatsapp yang ada pada handphone Android, yakni berupa aplikasi chatting yang mana mampu mendeteksi tingkat depresi si pengguna.

Dengan dukungan teknologi IA juga, aplikasi ini tentunya sangat membantu para remaja atau anak muda yang mudah sekali mengalami depresi, sehingga menyebabkan kasus bunuh diri.

“Aplikasi Wiphi ini sementara hanya bisa di akses oleh kalangan internal kampus saja, namun kedepannya akan berkembang dan bisa di unduh pada playstore secara umum karena sudah berlisensi atau terdaftar HAKI. Selain itu, mahasiswa juga wajib mengikuti berbagai macam seleksi mulai dari administrasi hingga karya yang akan dilombakan di ajang tersebut” Terangnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut