Misalnya saja SM Entertainment dan YG Entertainment. Mereka kerap membuat lagu grup idolnya dalam versi Jepang misalnya SNSD dan Super Junior dari SM dan BIGBANG hingga BLACKPINK dari YG. Menariknya, melansir Japan Today, usia para penggemar K-pop di Jepang bukan hanya dari kalangan muda, tetapi juga terdiri dari kelompok usia senior atau lebih dari 50 tahun.
Fakta itu didapat usai hasil pembacaan perilaku konsumen selama 1 September 2021-31 Agustus 2022 terungkap, banyak warga senior yang membeli merchandise K-pop dibandingkan generasi Z apalagi Gen Z.
3. Indonesia Dengan demografi Indonesia yang cukup besar, wajah jika Indonesia masuk dalam kategori dengan penggemar K-pop terbanyak. Kajian Statista mengungkap bahwa 59 persen respondennya mengakui jika K-pop sangat populer.
Musik Korea secara masif digandrungi di Indonesia sejak awal 2000an terutama dengan kehadiran BoA, TVXQ, BIGBANG, Super Junior, SNSD, T-Ara, dan grup Idol generasi kedua lainnya. Fanbas k-pop juga semakin besar seiring waktu.
Kini bisa dilihat, hampir grup K-pop menyertakan Indonesia ke dalam daftar Negara yang akan dituju saat melakukan tur konsernya. iNewsSidoarjo
Editor : Yoyok Agusta Kurniawan