get app
inews
Aa Read Next : Imigrasi Surabaya Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pelayanan Keimigrasian

Imigrasi Surabaya Jadi Bagian Rekor MURI, Urus Paspor Serentak di Akhir Pekan

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 22:42 WIB
header img
Suasana salah satu tempat layanan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Khusus Surabaya. (Foto: istimewa)

SIDOARJO, iNews.id-Paspor merupakan dokumen perjalanan yang amat diperlukan jika seseorang warga negara Indonesia ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Oleh karenanya, seiring dengan tingginya permintaan paspor, Imigrasi berinisiatif untuk memberikan layanan paspor.

Termasuk di Imigrasi Surabaya, sebagai salah satu UPT Imigrasi terbesar di Jawa Timur.

Imigrasi Surabaya menjadi bagian dari aksi nasional memecahkan rekor pengurusan paspor serentak di akhir pekan.

Kegiatan yang bertajuk Paspor Merdeka itu diadakan pada hari Sabtu, dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) atau Hari Lahir Kementerian Hukum dan HAM RI yang ke 78.

Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Joko Surono, seperti dikutip dari laman imigrasi.go.id menjelaskan bahwa Agustus menjadi bulan bakti Kementerian Hukum dan HAM.

“Kami hadirkan layanan paspor di hari Sabtu dengan harapan masyarakat yang berhalangan di hari kerja bisa mendapat kesempatan untuk mengurus paspor,” jelas Joko.

Layanan paspor sendiri dibuka secara masif di semua kantor imigrasi di seluruh Indonesia menjadi bagian dari semarak hari jadi KemenkumHAM ke-78, untuk memberikan pilihan lebih banyak bagi masyarakat untuk mengurus paspor.

Dengan serentaknya kegiatan ini, Imigrasi Indonesia mendapat penghargaan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pemecahan rekor pelayanan paspor terbanyak serentak di Indonesia.

Begitu juga Kantor Imigrasi Surabaya juga menjadi bagian dari kegiatan nasional tersebut. Bertempat di Gedung Layanan Imigrasi Surabaya, dilakukan pelayanan terhadap 250 pemohon paspor yang kesemuanya telah mendapatkan antrean melalui M Paspor.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Khusus Surabaya, Chicco A. Muttaqin mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah satu upaya memberikan layanan yang dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat, yang tidak dapat membuat paspor di hari kerja khususnya bagi masyarakat di wilayah Surabaya.

“Imigrasi Surabaya akan berupaya memberikan pelayanan yang professional dan akuntabel,” kata Chicco. Sabtu, (5/8/2023).

Untuk memeriahkan kegiatan ini yang kebetulan berdekatan dengan nuansa kemerdekaan di Bulan Agustus, Imigrasi Surabaya juga menghiasi ruang pelayanan dengan berbagai pernak-pernik warna merah dan putih serta memberikan sejumlah reward pagi pemohon yang berhasil memenangkan kuis yang telah disiapkan.

Selama menunggu proses foto dan wawancara, pemohon paspor juga disuguhkan dengan berbagai hiburan dan fasilitas pendukung seperti televisi, jaringan wifi, dan juga coffee corner.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut