get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Komitmen Kades Kedung Cangkring Jadikan Role Model Pengolahan Sampah di Jabon Sidoarjo

Selasa, 18 Juli 2023 | 19:27 WIB
header img
Satu unit ekskavator dikerahkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo membersikan TPS Desa Kedungcangkring, Kecamatan Jabon. (Foto : ist).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id - Kades Kedungcangkring, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo Yudianto menegaskan akan mengevaluasi sistem pengelolaan sampah di desanya.

Penegasan itu disampaikan usai 15 truk dan satu unit alat berat dikerahkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo menyelesaikan masalah sampah yang over di TPS 3R Desa Kedungcangkring.

Yudianto mengungkapkan, pengolahan sampah di Kedungcangkring kedepannya bisa menjadi role model pengolahan sampah rumah tangga di kawasan Kecamatan Jabon.

Selama ini, ia mengakui bahwa pihaknya belum sempurna dalam melakukan pengelolaan sampah di TPS 3R Kedungcangkring, sehingga mengakibatkan sampah rumah tangga menumpuk hingga akhirnya meminta bantuan DLHK untuk melakukan clean up.

"TPS kita masih baru, dan pengurus TPS kami masih belajar untuk menyelesaikan persoalan sampah rumah tangga ini," terangnya.

Penyebab sampah menumpuk itu, menurut dia, salah satunya adalah data warga yang membutuhkan pelayanan sampah rumah tangga di TPS belum valid.

"Warga yang terdaftar di pengurus TPS ada 1000, tapi yang buang sampah lebih banyak dari yang terdaftar. Selain itu kita juga belum punya tenaga pemilah," ungkapnya.

Untuk memperbaiki hal tersebut, Yudianto mengungkapkan, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi kepada seluruh warga dan validasi data. Kedua pihak pengurus TPS akan memilah sampah terlebih dahulu sebelum diangkut ke TPA Jabon.

Untuk rencana ke depan pihaknya akan mendatangkan mesin pengelola sampah. "Kami ingin menjadi role model dalam pengelolaan sampah di wilayah Jabon," harapnya.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut