get app
inews
Aa Read Next : Jadi Tentara Bayaran Bela Ukraina, Rusia Sebut 4 dari 10 WNI Tewas

AS atau Rusia, Negara Pemilik Kapal Selam Nuklir Terbanyak?

Sabtu, 15 Juli 2023 | 07:13 WIB
header img
Daftar negara pemilik kapan selam nuklir, Amerika Serikat terbanyak (Foto: AP)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Berdasarkan data International Institute for Strategic Studies (IISS), Amerika Serikat adalah negara yang memiliki kapal selam bertenaga nuklir terbanyak di dunia.

Menyusul setelahnya, Rusia dengan kapal selam nuklir kurang dari setengah milik AS. Perlu diketahui, istilah kapal selam bertenaga nuklir tidak selalu diartikan sebagai kapal selam yang dilengkali senjata nuklir.

Kapal selam nuklir digerakkan oleh reaktor nuklir, bukan penggerak diesel-listrik. Berikut ini daftar negara yang punya kapal selam bertenaga nuklir, dilansir dari iNews.com, Jumat (14/7/2023) :

1. Amerika Serikat memimpin daftar negara di dunia yang memiliki kapal selam bertenaga nuklir paling banyak. Menurut data IISS per Maret 2023, AS mempunyai 67 kapal selam bertenaga nuklir.

Negara ini juga menjadi yang pertama membangun kapal selam bertenaga nuklir yakni pada 1954 dan diberi nama USS Nautilus. Dengan panjang 97 meter, ukuran Nautilus jauh lebih besar dibandingkan kapal selam bertenaga diesel-listrik yang telah ada sebelumnya.

2. Rusia Berada satu peringkat di bawah AS, Rusia merupakan negara dengan kepemilikan kapal selam bertenaga nuklir terbanyak.

Saat ini, terdapat 31 kapal selam bertenaga nuklir dimiliki Rusia atau kurang dari setengah jumlah kapal selam bertenaga nuklir milik AS.

Di masa Uni Soviet, negara ini meluncurkan kapal selam bertenaga nuklir pertamanya hanya selisih 3 tahun dari AS. Kapal selam bertenaga nuklir K-3 Leninsky Komsomol diluncurkan pada 1957.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut