get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Ulik Sejarah Hari Bhayangkara Diperingati Setiap 1 Juli, Ada Apa?

Sabtu, 01 Juli 2023 | 10:43 WIB
header img
1 Juli diperingati sebagai Hari Bhayangkara. (Foto : ilustrasi/Freepik).

Kepolisian wilayah Indonesia Timur berpusat di Makassar dan Kepolisian Kalimantan yang berpusat di Banjarmasin. Tiap-tiap kantor polisi di daerah dikepalai seorang pejabat kepolisian atau orang Indonesia, aka.

Namun, selalu didampingi pejabat Jepang, yang disebut sidookaan, dalam praktiknya lebih berkuasa daripada kepala polisi. Kemerdekaan Indonesia Periode 1945-1950 Ketika Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu pemerintah militer Jepang membubarkan Peta dan Gyu-Gun.

Sementara polisi tetap bertugas. Saat Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, secara resmi kepolisian menjadi kepolisian Indonesia yang merdeka.

Pada 19 Agustus 1945 dibentuk Badan Kepolisian Negara (BKN) oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Pada 29 September 1945 Presiden Soekarno melantik R.S. Soekanto Tjokrodiatmodjo menjadi Kepala Kepolisian Negara (KKN).

Saat itu, kepolisian berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara yang hanya bertanggung jawab masalah administrasi.

Sementara masalah operasional bertanggung jawab kepada Jaksa Agung. Kemudian, mulai 1 Juli 1946 dengan Penetapan Pemerintah Tahun 1946 No. 11/S.D. Djawatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri.

Dari situlah setiap 1 Juli diperingati sebagai Hari Bhayangkara hingga saat ini. iNewsSidoarjo.id

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut