get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Desa Dukuhtengah Sidoarjo Tuntaskan 797 Berkas Program PTSL 2023, Ini Tips agar Cepat Kelar

Senin, 12 Juni 2023 | 17:24 WIB
header img
Chusnul Arofiq, Kades Dukuhtengah, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. (Foto : iNewsSidoarjo.id).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id - Sebanyak 797 berkas program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Desa Dukuhtengah, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo segera rampung.

"Dua tahapan lagi Desa Dukuhtengah tuntas melaksanakan program PTSL tahun 2023. Dari 800 kuota yang diberikan BPN Sidoarjo, sebanyak 797 berkas pengajuan sudah di setujui tim ajudikasi dan dikembalikan oleh BPN lagi untuk diberi NIB oleh panitia PTSL," kata Chusnul Arofiq, Kades Dukuh tengah Chusnul Arofiq saat di temui di ruang kerjanya, Senin (12/6/2023).

Menurut Chusnul, dalam sepekan ini panitia PTSL menargetkan NIB sudah selesai dan akan kami serahkan lagi ke BPN untuk tahapan pengumuman dan pengesahan.

"Waktunya kurang lebih dua minggu untuk tahapan itu. Setelahnya langsung penerbitan sertifikat. Menurut info dari BPN, sekitar bulan Agustus atau September sertifikat bisa diserahkan ke masyarakat Dukuhtengah," ungkapnya.

Tips PTSL agar Cepat Kelar

Sekretaris Desa Dukuhtengah, Risaudin Asgaf menambahkan, untuk menjalankan program PTSL tersebut tidaklah mudah. Menurut dia, kerjasama yang bagus antara pemdes, panitia PTSL dan masyarakat, program ini bisa dituntaskan hampir 100 persen.

"Yang pertama tentunya kita berpegang pada regulasi yang berlaku, tidak ada pungutan diluar ketentuan yaitu hanya Rp 150 ribu," ungkapnya.

"Kami juga jemput bola pada warga yang mengalami kesulitan terkait pengajuan PTSL ini. Alhamdulillah tuntas," ungkap dia memberikan tips agar cepat selesai.

Apresiasi Warga

Salah warga Desa Dukuhtengah, Abdul Mufid mengapresiasi kinerja pemerintah desa Dukuh tengah dan Panitia PTSL. Dirinya merasa sangat terbantu adanya program PTSL tersebut.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut