get app
inews
Aa Read Next : Cara Laporkan Adanya Tindak Dugaan Korupsi Dana Desa, Masyarakat Berhak Awasi Dana Desa

Pembagian Dana Desa Ricuh, Ini Pemicu Ratusan Warga Marah

Sabtu, 10 Juni 2023 | 03:00 WIB
header img
Tangkapan layar masyarakat merusak Kantor DPMK Kabupaten Mamberamo Tengah karena protes pembagian dana desa. (Foto: iNews/Fredy Nuboba).

JAYAPURA, iNewsSidoarjo.id - Pembagian dana desa ricuh. Ratusan warga pemerintah marah karena dana desa yang diterima tak sesuai atau berkurang dari biasanya.

Peristiwa itu terjadi di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua Pegunungan, Jumat (9/6/2023).

Ratusan warga yang marah akhirnya melempari kantor tersebut dengan batu dan melakukan perusakan.

Dilansir dari iNewsPapua.id, sekitar 300 masyarakat dari lima distrik melakukan protes saat pembagian dana kampung atau dana desa.

Massa ini berasal dari Distrik Kelila, Distrik Ilugwa, Distik Eragayam, Distrik Kobakma dan Distrik Magambilis.

Mereka protes lantaran dana desa yang diterima tak sesuai atau berkurang dari biasanya. Meluapkan kekecewaan, massa melakukan protes dan meminta penjelasan, namun tidak dijawab pegawai DPMK.

Massa yang marah lalu meluapkan dengan merusak Kantor DPMK Mamberamo Tengah. Akibatnya, sejumlah bangunan kantor rusak parah.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan telah terjadi aksi protes secara spontan berujung perusakan Kantor DPMK Mamberamo Tengah oleh kurang lebih 300-an masyarakat dari 5 distrik.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut