get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Jatim Sebut Murni Kecelakaan, Ledakan Mako Brimob Rusak Kantor dan Mobil

Musim Haji 2023, Imigrasi Surabaya Berangkatkan Kloter Pertama Calon Jamaah Haji

Rabu, 24 Mei 2023 | 08:05 WIB
header img
Kantor Imigrasi Surabaya yang Dipimpin Kepala Kantor Imigrasi Surabaya, Chicco A. Muttaqin, memberangkatkan kloter pertama 450 CJH, Rabu, (24/5/2023).

SURABAYA, iNewsSidoarjo.id-Kantor Imigrasi Surabaya yang Dipimpin Kepala Kantor Imigrasi Surabaya, Chicco A. Muttaqin, memberangkatkan kloter pertama 450 Calon Jemaah Haji (CJH), Embarkasi Surabaya, bertempat di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Rabu, (24/5/2023).

Pemberangkatan CJH itu, Dibuka Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. CJH Kloter pertama asal Kabupaten Bangkalan kemudian berangkat ke Bandara Internasional Juanda Surabaya untuk selanjutnya menumpangi pesawat menuju tanah suci.

Terkait hal ini, Imigrasi Surabaya telah melakukan sejumlah persiapan. Jelang ibadah haji tahun 1444H/2023M, Imigrasi Surabaya melakukan sejumlah persiapan.

Hal ini guna mendukung kelancaran proses pemeriksaan keimigrasian kepada Calon Jamaah Haji. Beberapa persiapan yang dilakukan antara lain adalah, penyiagaan personel dan penyiapan sistem border control management untuk memperlancar proses pemeriksaan CJH yang sedianya akan dilaksanakan pda 23 Mei 2023 hingga 22 Juni 2023 mendatang.

Secara umum tidak ada yang berbeda terkait SOP Keimigrasian. Menurut aturan keimigrasian bahwa setiap orang yang melintas keluar dan masuk Indonesia harus memiliki dokumen perjalanan yang sah dan masih berlaku (dalam hal ini adalah paspor dan visa).

Kemudian secara khusus, karena ini merupakan ibadah haji, maka Imigrasi Surabaya juga akan memberikan kemudahan dalam proses pemeriksaan. Yaitu dengan cara menyiagakan petugas pemeriksa keimigrasian di Asrama Haji Sukolilo untuk pelaksanaan proses clearance paspor.

“Kami telah menyiapkan 6 Unit yang bertugas untuk melakukan proses clearance paspor di Asrama Haji Sukolilo dengan masing-masing Unit terdiri dari 10 petugas Imigrasi,” jelas Chicco A. Muttaqin, Kepala Kantor Imigrasi Surabaya.

Rencananya mulai dari kegiatan pengumpulan paspor, pemeriksaan paspor dan visa, hingga kegiatan pengecapan paspor atau clearance akan dilakukan secara terpusat di Asrama Haji.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut