get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Petani Gogol Gilir di Urangagung Sidoarjo Menjerit Minta Bantuan Presiden Jokowi

Senin, 22 Mei 2023 | 23:03 WIB
header img
Para petani gogol gilir Kelurahan Urangagung, Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo ketika menjerit mebentangkan poster meminta bantuan Presiden Jokowi. (Foto : ist).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id - Para petani gogol gilir yang berada di Kelurahan Urangagung, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo menjerit minta bantuan Presiden Jokowi.

Penyebabnya, mereka tidak bisa lagi bertani di sawah gogol yang biasa dia garapnya karena diuruk oleh pengembang perumahan yang diduga dilakukan oleh PT Citra Sekawan Mandiri (CSM).

Padahal, sekitar delapan petani gogol gilir yang biasa mengarap lahan total sebanyak 9 petak sawah itu tidak pernah melakukan pelepasan hak kepada siapapun, termasuk kepada pengembang yang berusaha menguruk objek tersebut.

Para petani gogol gilir itu untuk tetap mempertahankan objek gogol gilir itu akhirnya menggelar aksi dan meminta bantuan kepada Presiden Jokowi, Menko Polhukham Mahfud MD hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Wayahe Tandur Sawahku ...!!! Koen Uruk. Berantas Mafia Tanah, Pak Jokowi, Pak Mahfud Pak Sigit Kami Butuh Keadilan," tulis salah satu spanduk para petani saat melakukan protes pengurukan lahan sawah gogol mereka, Senin (22/5/2023).

Rahmad Hadi salah satu perwakilan petani menjelaskan bahwa sawah gogol gilir itu merupakan satu-satunya mata pencaharian para petani. Sehingga para pengarap sawah ini bersikeras untuk mempertahankan sawah gogol gilir tersebut.

"Karena hanya lahan sawah ini yang menjadi mata pencaharian para petani Untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya," Kata Rahmad Hadi.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut