get app
inews
Aa Read Next : KPK Dalami Dugaan Penyelewengan Anggaran Pengadaan APD, Periksa Eks Sekjen Kemenkes?

Kabar Baik, Status Covid-19 sebagai Darurat Kesehatan Global Dicabut

Sabtu, 06 Mei 2023 | 10:24 WIB
header img
WHO cabut status Covid-19 sebagai darurat kesehatan global. (Foto: Reuters)

JENEWA, iNewsSidoarjo.id Kabar baik terkait pandemi Covid-19. Ya, status darurat kesehatan global untuk Covid-19 resmi dicabut oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Keputusan itu diambil Komite Darurat WHO usai menggelar pertemuan pada Kamis (4/5/2023), sebagaimana dilansir dari Reuters. Keputusan badan PBB tersebut menjadi langkah besar menuju akhir pandemi yang telah menewaskan lebih dari 6,9 juta orang di seluruh dunia, dan mengguncang perekonomian banyak negara.

Mereka merekomendasikan badan PBB tersebut untuk mendeklarasikan diakhirinya darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional terkait Covid-19. Status itu telah diberlakukan selama lebih dari tiga tahun.

“Oleh karena itu, dengan harapan besar saya menyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dilansir dari iNews.id, Sabtu (6/5/2023).

Dia menekankan, berakhirnya keadaan darurat itu tidak berarti Covid berakhir sebagai ancaman kesehatan global. Komite Darurat WHO pertama kali menyatakan Covid sebagai darurat kesehatan global lebih dari tiga tahun lalu, tepatnya pada 30 Januari 2020.

Status tersebut membantu memusatkan perhatian internasional pada ancaman kesehatan, serta memperkuat kolaborasi dalam upaya pembuatan vaksin dan proses pengobatan untuk penyakit yang disebabkan virus corona itu.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut