get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Pekerja Migran Indonesia Mulai Mudik Lebih Awal di Bandara Juanda

Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya Tunda Keberangkatan 101 PMI Non Prosedural

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:05 WIB
header img
Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya

Pengungkapan adanya keberangkatan PMI non prosedural ini, diketahui setelah petugas Imigrasi Klas 1 Khusus Surabaya yang bertugas di Bandara Internasional Juanda, curiga dengan gerak gerik calon penumpang pesawat.


Ika Rahmawati Kabid Teknik dan Informasi Imigrasi kelas 1 khusus Surabaya

Setelah di curigai sebagai PMI yang sedang mengantri diantara penumpang lain di bandara itu, kemudian petugas imigrasi mengajak PMI ke kantor Imigrasi dan di lakukan wawancara.

Setelah di ketahui mereka merupakan PMI non Prosedural, pihak Imigrasi kemudian menyerahkannya ke BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia).

"Awalnya petugas kami yang di bandara mencurigai gerak gerik beberapa calon penumpang pesawat yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Setelah kita lakukan wawancara atau profiling, diduga calon penumpang ini adalah PMI non prosedural, dan langsung kita serahkan ke BP2MI," terang Ika.

Lebih jauh Ika menjelaskan, untuk mencegah adanya PMI non prosedural yang akan berangkat ke luar negeri melalui Bandara Juanda. pihaknya akan terus bekerja sama dengan instansi terkait, dan terus meningkatkan kemampuan petugas dalam mendeteksi adanya PMI non prosedural.

" Kami akan terus berkoordinasi dengan BP2MI agar pencegahan PMI non prosedural bisa efektif. Selain itu, kita di internal akan melakukan pelatihan tentang pengetahuan deteksi dini pencegahan PMI non prosedural, bekerjasama dengan kantor pusat,"pungkas Ika Rahmawati.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut