get app
inews
Aa Read Next : Raih Juara Tinju Interim WBO Bulu Super, Oscar Valdez Menang TKO Ronde 7 Lawan Liam Wilson

50 Tank Abrams Bakal Dikirim ke Ukraina Pekan Ini

Rabu, 25 Januari 2023 | 17:35 WIB
header img
Salah satu tank M1 Abrams milik Amerika Serikat terlibat dalam latihan militer pada 29 April 2022 di Fort Benning, Georgia, AS. (Foto: Reuters).

ANKARA, iNewsSidoarjo.id – Sebanyak 50 tank berat M1 Abrams bakal dikirim ke Ukraina. Tank milik Amerika Serikat itu disebut-sebut bakal dikirim pada pekan ini.

Pejabat yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan, paket bantuan militer tersebut akan mencakup “sejumlah tank seukuran batalion”, yang terdiri atas 30-50 mesin.

Keputusan terkait rencana itu kemungkinan akan diumumkan pada Rabu (25/1/2023) waktu AS, menurut laporan kantor berita Turki, Anadolu, dengan mengutip seorang pejabat AS.

Pada Selasa (24/1/2023) kemarin, media melaporkan bahwa Washington DC kemungkinan mengumumkan rencana pengiriman tank Abrams ke Kiev paling cepat minggu ini.

Pengumuman tersebut dikatakan menjadi bagian dari kesepakatan yang lebih luas dengan Jerman, di mana Berlin berjanji untuk memasok sejumlah kecil tank Leopard 2 ke Ukraina.

Ukraina telah meminta setidaknya 300 tank tempur kepada negara-negara Barat. Kiev menganggap senjata semacam itu dapat mengubah jalannnya perang dengan Rusia.

Sekretaris Pers Departemen Pertahanan AS (Pentagon), Pat Ryder mengatakan, tank Abrams adalah kendaraan tempur rumit yang membutuhkan perawatan dan dukungan yang tepat.

Tidak sembarangan orang dapat menggunakannya. Namun, Ryder menolak berkomentar tentang bagaimana AS akan melatih tentara Ukraina untuk mengoperasikan dan merawat tank Abrams jika nanti Washington DC memang memutuskan untuk menyediakannya bagi Kiev.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut