get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Usai SMK Plus NU, Giliran SMAN 4 Sidoarjo Belajar Jurnalistik Bareng PWI

Sabtu, 21 Januari 2023 | 18:14 WIB
header img
Antusiasme siswa SMAN 4 Sidoarjo belajar jurnalistik bareng PWI Sidoarjo. (Foto : ist).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id - Ratusan siswa SMA Negeri (SMAN) 4 Sidoarjo belajar jurnalistik bareng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (21/1/2023).

Kegiatan belajar jurnalistik bareng PWI Sidoarjo yang dilakukan siswa tingkat SMA ini bukan kali ini saja. Pada pekan sebelumnya, PWI Sidoarjo juga turun ke SMK Plus NU Sidoarjo memberikan materi jurnalistik.

Kini, giliran para siswa di SMAN 4 Sidoarjo yang berlokasi Jalan Raya Suko Sidoarjo mendapatkan materi jurnalistik. Kegiatan kali ini disambut antusias para siswa. Setidaknya ada 120 siswa kelas X dan XI SMAN 4 Sidoarjo yang ikut belajar bareng jurnalistik tersebut.

Firna siswa kelas XI SMAN 4 Sidoarjo mengaku senang dan terbantu dengan adanya Safari Jurnalistik yang digelar PWI Sidoarjo ini.

"Saya berharap bisa menjadi jurnalis profesional. Ini cita-cita saya," cetusnya.

Hal senada disampaikan Intan, siswa SMAN 4 Sidoarjo. "Saya banyak dapat ilmu mengenai jurnalistik. Pokoknya seru acara ini," ungkap Intan, siswa kelas XI C.

Ketua PWI Kabupaten Sidoarjo Mustain mengaku senang dengan atusias para siswa belajar jurnalistik. Ia mengungkapkan, safari Jurnalistik yang digelar di SMAN 4 Sidoarjo merupakan yang kedua. Sebelumnya, ungkap dia, kegiatan serupa telah digelar di SMK Plus NU Sidoarjo.

"Target kami sebulan bisa dua kali. Alhamdulillah, para siswa sangat antusia belajar jurnalistik," ungkapnya.

Lebih jauh Mustain menjelaskan, PWI Sidoarjo sengaja menggelar Safari Jurnalistik untuk meningkatkan literasi media dan menularkan ilmu jurnalistik kepada masyarakat. Ini menjadi peran PWI sebagai organisasi profesi yang bekerja di bidang jurnalistik.

"PWI Sidoarjo berharap bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dengan kemampuan dan profesinya," harapnya.

 

Semetara, para siswa belajar langsung dengan para pemateri dari wartawan yang kompeten, yang sudah punya sertifikasi dari Dewan Pers. Para pemateri itu merupakan anggota PWI Kabupaten Sidoarjo.

Ada beragam tema seputar jurnalistik yang diajarkan kepada ratusan siswa tersebut. Mulai dari Teknik menulis Berita dan Wawancara yang disampaikan oleh Syaiful Bahri (wartawan Matadelta.com), Sekilas Jurnalisme Online disampaikan oleh M Ismail (wartawan Beritajatim.com), Mengenal Fotografi Jurnalistik oleh Boy Slamet (fotografer Disway.id).

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut